PENGARUH PEMBELAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA NW SENYIUR TAHUN PELAJARAN

Penulis

  • Isnawatul Aini Universitas Hamzanwadi
  • Indra Himayatul Asri Universitas Hamzanwadi
  • Nunung Ariandani Universitas Hamzanwadi
  • M Khairul Wazni Universitas Hamzanwadi
  • Ahmad Fathoni Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Kooperatif Tipe Jigsaw, Penguasaan Konsep Belajar Siswa.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2021. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dalam bentuk post-test-only control group design. Subjek dalam ini adalah semua siswa kelas XII IPA MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2021. Populasi dalam penelitian ini semua kelas X IPA yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 23 orang siswa dan kelas X IPS yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah 24 orang siswa MA NW Senyiur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPS sebagai kelas kontrol. Intrumen dalam penelitian ini berupa tes penguasaan konsep belajar dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata post-test kelas eksperimen yakni 59.17 dan kelas kontrol yakni 54.20. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% diperoleh t-hitung sebesar 2.419. Setelah dibandingkan dengan t-tabel (1.680), maka t-hitung (2.419) > t-tabel (1.680). sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap penguasaan konsep belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X MA NW Senyiur Tahun Pelajaran 2021.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. PROSEDUR PENELITIAN (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayati & Asfaroh Aurum Jati. 2012/2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013. Di sertai tidak diterbitkan. FKIP Universitas Sarjanawiyata Tanawisma Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2017. COOPEATIVE LEARNING (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penelitian). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu, Trianto. 2014. MENDESAIN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF,

PROGRESIF, & KONTEKSTUAL (Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013). Jakarta: Prenada Media Grouf.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: Gilang.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. metode penelitian bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Napitupulu, Elvis, dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematik Siswa Smp Negeri 4 Percut Sei Tuan. Disertai Tidak Di Terbitkan. Universitas Negeri Medan. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/313655635_Pengaruh_Pembel ajaran_Kooperatif_Tipe_Jigsaw_Terhadap_Penguasaan_Konsep_Dan_Ko munikasi_Matematika_Siswa_Smp_Negeri_4_Percut_Sei_Tuan Tanggal 23 Maret 2018.

Purwanti, Duwi. 2013. BELAJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (Teknik

Mengajar Anak Berbasis Aktivitas). Selong: STKIP.

Rochintaniawati, Diana & Sulastri, Yeti. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka. Disertai Tidak Di Terbitkan. FPMIPA UPI.

Suriadi. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pokok Oprasi Hitung Bilangan Bulat Dan Pecahan Pada MTs Nw Ketangga. Disertai Tidak Diterbitkan. STKIP Hamzanwadi.

Sugiyono. 2009. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-13

Terbitan

Bagian

Articles