Pengembangan Media Pembelajaran CD Tutorial Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital

Baiq Hartina Maisiswati, Kholida Ismatulloh, Muhammad Zamroni Uska

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengmbangan media pembelajaran CD tutorial pada mata pelajaran simulasi digital pada kelas X di SMKN 1 Sakra; (2) untuk mengetahui kelayakan ahli media dan ahli materi terhadap produk media pembelajaran CD tutorial; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran CD tutorial pada mata pelajaran simulasi digital pada kelas X di SMKN 1 Sakra. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengembangan R&D (Reseach and Development). Subyek penelitian ini adalah kelas X TKJ sebanyak 20 orang siswa. Pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan observasi.Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran CD tutorial yang dikembangkan dari validasi ahli media untuk media CD tutorial dinyatakan sangat layak karena memiliki persentase rata-rata sebesar 92%, sementara itu untuk validasi ahli materi memiliki persentase rata-rata sebesar 91%, dan untuk respon siswa dikatakan sangat baik karna memiliki persentase rata-rata sebesar 90%, sehingga dapat dikatakan media pembelajaran CD Tutorial efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Sakra.


Keywords


Media Pembelajaran; CD Tutorial; Simulasi Digital

Full Text:

PDF

References


Diana, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva press.

Ilham, Dkk. (2013). Simulasi Digital Jlid 1. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.

Heri, Prasetyo & Agung. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronik Dasar Kelas X Di SMKN 1 Nganjuk. Pendidikan Teknik Elektro , 4 (1), 103-108.

Aria, Pramudito & Gagne. (2013). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Pendidikan Teknik Mesin , 3 (1), 1-12.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, I. (2017). Perancangaan dan Pembuatan MediaPembelajaaraan CD Interaktif Berbasis Maacromedia Direcor MX Mata Pelajaran Pemrograman Web Dinamis. Pendidikan dan Teknologi Informasi , 4 (2), 207-214.

Wirasasmita R.H., & Yupi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. jurnal Education , 10 (2), 262-279.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.923

Article Metrics

Abstract view : 9 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.