Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis CD Interaktif Pada Materi Simulasi Digital Menggunakan Adobe Flash

Mila Nurdiana, Yosi Nur Kholisho, Ahmad Fathoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berbasis CD Interaktif pada materi simulasi digital pada siswa kelas X (Sepuluh) TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) serta untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran CD Interaktif pada materi simulasi digital. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development).Sampel penelitian ditentukan denganjumlah siswa di kelas X (Sepuluh) TKJ  dengan jumlah 30 siswa. Penelitiandilakukan melalui dua tahap yaitu tahap 1 atau sebelum revisi pada tanggal 14 Agustus 2018 dan tahap 2 atau sesudah revisi pada tanggal 5September 2018 di SMK Negeri 1 Sikur. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis melalui uji coba pengguna, uji validitas dan realibilitas instrumen, serta validasi produk. Pada hasil uji coba terakhir diperoleh persentase sebesar 81% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis CD Interaktif “Layak”untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Simulasi Digital.


Keywords


Media Pembelajaran;Simulasi Digital;Model ADDIE

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(2), 1-10.

Noviani, dkk. (2014). Pengembangan CD Interaktif IPA Terpadu Tema Kalor Berbasis Science Edutainment Untuk Siswa SMP. USEJ, 3(3): 632-640.

Sadiman, dkk. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran /Intraktif-Inovatif. Yogyakarta: kau kabakibantara

Setiawan, A. Y. (2017). Belajar Android Menyenangkan. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.925

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.