Pengaruh Wawasan Kevokasionalan Siswa SMP Terhadap Minat Melanjutkan Di SMK

Ahmad Fathoni, Kholida Ismatullah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) seberapa besar wawasan kevokasionalan siswa SMP yang terdiri pemahaman SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman dunia kerja (X3), dan layanan bimbingan konseling  (X4) terhadap minat melanjutkan di SMK (Y); (2) seberapa besar pengaruh wawasan kevokasionalan siswa SMP kelas IX yang terdiri pemahaman SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman dunia kerja (X3), dan layanan bimbingan konseling  (X4) terhadap minat melanjutkan di SMK (Y). Penelitian merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sejumlah 197 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumen, dan observasi.  Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel X­1, X­2, X­3, X­4 masuk dalam kategori tinggi, berarti menandakan variabel yang baik untuk minat melanjutkan di SMK; (2) variabel X­1, X­2, X­3, X­4 ada pengaruh terhadap variabel Y dengan nilai koefisien korelasi secara berurutan 0.580, 0.564, 0.479, 0.564 dan secara simultan X1,X2,X3,X4 terhadap Y ada pengaruh dengan koefisien korelasi sebesar 0,727.


Keywords


Wawasan Kevokasionalan; Pemahaman; Minat

Full Text:

PDF

References


Berger & Pilz. (2012). The Role of pre-vocational education in the german realschule: Theory and Practice.Fit for business pre-vocational education in european schools (pp. 119-141). Deutsche Nationalbibliografie: Spinger.

Clarke, L. & Winch, C. (2007). Vocational education. internasional approaches, developments and systems. Routledge. 270. Madison Avenue, New York.

Du., Xiang-Yun. 2011. Gender and Diversity in a problem and project based learning environment. Aalborg University Denmark: River Publishers.

Fathoni, A. (2016) Pengaruh Wawasan Kevokasionalan, Lingkungan Belajar, Latar Belakang Sosial Ekonomi dan Potensi Daerah Siswa SMP Kelas IX Di Kecamatan Selong terhadap Minat Melanjutkan di SMK.Tesis. Program pascasarjana. UNY.

Evans., M.& Syrett., S. (2007). Generating Social Capital : The social economy and local economic development. European Urban and Regional Studies.

Hosnan,. M. (2014). Pendidikan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia.

Lauglo, J. (2005). Vocationalised secondary education revisited (3-5). In Lauglo, Jon & Maclean, Rupert (Eds) Netherlands: Spinger.

Lau., Patrick & Fung., Suk-Chun. (2008). School Guidance and Counseling in an International Context.Asian Journal of Counselling, 15 (2): 207–228.

Lucas, B., Spencer, E., & Claxton, G. (2012). How to teach vocational education. City & Guilds. Centre For Skills Development.

Mardapi., Djmari. (2007). Teknik Penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta. Mitra Cendikia

Pavlova., M. (2009). Technology and Vocational Education for Sustainable Development. Australia: Spinger.

Rofik A., Widodo, R.B., &Yani. (2005). Pemberdayaan Pesantren Menuju Kemandirian dan Profesional Santri dengan Metode Daurah kebudayaan. Jakarta Selatan: Pustaka Pesantren.

Sudira, Putu. (2012). Filosofi dan teori pendidikan vokasi dan kejuruan. Yogjakarta. Uny Press

Sudira, Putu. (2013). Pre-vocational course on primary education. Diambil pada tanggal 19 September 2015, dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/dr-putu-sudira-mp/071-paper-ispe-putu-s-2013-pre-vocational.pdf

Sudira, Putu. (2017). TVET ABAD XXI Filosofi, Teori, Konsep, Dan Strategi Pembelajaran Vokasinal. Yogyakarta. Uny Press 2017

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Thamrin, M. Husni. (DiSainTek Vol. 01, No. 01 Desember 2007). Implementasi program pendidik teknologi dasar di sekolah menengah pertama. Diambil pada tanggal 05 Oktober 2015, dari http://103.11.96.117/tedc2011/pdf/jrnl01_ptd.pdf?PHPSESSID=b820e3da3bb590e7d65db5afcf06de35.




DOI: http://dx.doi.org/10.29408/edumatic.v2i1.956

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Statistic Pengunjung EDUMATIC

 

 Creative Commons License

EDUMATIC is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.