Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Aikmel Kabupaten Lombok Timur)

Mastati Mastati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis pelaksanaan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran sejarah pada Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 Aikmel Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi dan penerapan kurikulum 2013 di SMAN 2 Aikmel berjalan dengan baik meskipun terdapat berbagai hal yang dalam prosesnya perlu mendapatkan peningkatan yang berarti. Penerapan kurikulum 2013 di SMAN 2 Aikmel telah memberikan arah baru dalam pengembangan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah tersebut.

 

DOI: 10.29408/fhs.v2i1.1289


Keywords


Implementasi, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Aan Hasamah, 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Pustaka Raya.

Abd. Rahman Hamid. 2014. Pembelajaran Sejarah. Yokyakarta: Ombak.

Abdul Majid , 2013. Perencanaan pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Rosda Karya.

Dale Schunk, 2012. Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan ( judul asli Learning Teories and Educational Persfektitive terjemah Hamdiah). Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mujiono 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Husamah dan Yanur Setianingrum. Desain Pembelajaran berbasis Pencapaian Kompetensi (Panduan Merancang Pembelajaran Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013) . Jakarta: Prestasi Pustaka

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung: Alfabeta.

Miftahul Huda, 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jokykarta: Pustak Pelajar.

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelaja Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles dan Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif. Alih Bahasa Tjetjob Rohendi Rohidi. Jakarta: Unifersitas Indonesia Press.

Nana Sudjana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Poerwati dan Sofan Amri.2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013 (Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Masa Depan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar.

Oemar Hamalik 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara

. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Saiful Bahri Jamarah. 1991. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya:Usaha Nasional.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta

_____________. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Subakri. 2010 “ Journal” Paradigma Pemmbelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Vol, 24, No.1 April 2010

Sofan Amri. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.

________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Widya 1989. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is Indexed by:

 

              

 

  Creative Commons License

Jurnal Fajar Historia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats