Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN JURNAL FAJAR HISTORIA

Bagi para penulis yang ingin menerbitkan naskah artikelnya di jurnal Fajar Historia, kami menyarankan untuk membaca dan mematuhi pedoman penulisan berikut ini.

  1. Jurnal Fajar Historia adalah jurnal akademik yang terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Jurnal Fajar Historia adalah jurnal di bidang Pendidikan dan Sejarah. Penerbitan Jurnal Fajar Historia bertujuan untuk menfasilitasi interaksi, diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial khususnya sejarah dan pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia.
  2. Naskah merupakan ringkasan hasil penelitian maupun analisa kritis. Naskah sudah ditulis dalam bentuk format MS. WORD sesuai dengan panduan template yang telah disediakan. Naskah dikirim sesuai dengan template dengan login terlebih dahulu di laman Jurnal Fajar Historia http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Time New Roman font 12. Panjang naskah minimal 10 halaman dan diketik 1 spasi. Setting halaman adalah 1 kolom dengan ukuran kertas adalah A4 dengan lebar batas-batas tepi (margin) adalah 3,5 cm untuk batas atas, bawah dan kiri, sedang kanan adalah 2,5 cm.
  4. Sistematika penulisan artikel yaitu; judul, nama penulis (asal instansi dan email), abstrak bahasa Inggris dan bahasa Indonesia  dilengkapi kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, ucapan terima kasih, dan daftar rujukan.
  5. Judul ditulis dengan Capitalize Each Word dicetak tebal (bold) dengan jenis huruf Times New Roman font 14, spasi tunggal dengan jumlah kata maksimum 20. Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa gelar, tidak boleh disingkat, diawali dengan huruf kapital, tanpa diawali dengan kata ”oleh”. Urutan penulis adalah penulis pertama diikuti oleh penulis kedua, ketiga dan seterusnya dengan huruf Times New Roman font 12. Asal institusi dan alamat surel (email) semua penulis ditulis di bawah nama penulis dengan huruf Times New Roman font 12.
  6. Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jenis huruf Times New Roman, 12 pt, spasi 1, satu paragraf, dan maksimal 250 kata. Struktur penulisan abstrak harus mengandung beberapa aspek yaitu; latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan kesimpulan. Hindari singkatan yang tidak umum. Kata Kunci berisi konsep khusus dari artikel, ditulis dengan huruf kecil dan disusun sesuai urutan abjad).
  7. Pendahuluan harus berisi latar belakang masalah, kajian literatur secara singkat, urgensi mengangkat masalah yang dikaji; dan cara penulis membahas masalah tersebut. Penulis menguraikan masalah yang akan dikaji, latar belakangnya, dan posisi artikel penulis di tengah kajian-kajian terdahulu yang terkait. Penulis harus menguraikan aspek-aspek penting terkait masalah yang sedang dikaji, alasan-alasan, dan tujuan-tujuan pembahasan masalah. Pembahasan harus menunjukkan kontribusi keilmuan penulis dalam artikel yang ditulisnya sehingga penting untuk dipublikasikan.
  8. Metode penelitian memuat desain penelitian yang mencakup jenis penelitian, sumber data, pengumpulan data dan analisis data. Pada penelitian sejarah bagian metodologi berisi penjelasan spesifik mengenai tahapan metode penelitian sejarah (heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi/penulisan sejarah). Pada penelitian pendidikan sejarah bagian metode berisi penjelasan tentang jenis penelitian (kuantitatif atau kualitatif), populasi-sampel/informan dan teknik pengambilan/pemilihannya, jenis data, teknik dan instrumen pengumpulan data, dan cara menganalisis/memaknai data terkait dengan masalah penelitian. Di samping itu penulis menguraikan pendekatan atau perspektif yang dipakai secara singkat dalam penulisan naskah artikel.
  9. Pembahasan hasil penelitian harus relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang sudah ditetapkan. Penjelasan harus didukung oleh teori penelitian yang digunakan atau berisi penjelasan apabila hasil penelitian tidak sesuai dengan dengan teori yang digunakan. Pembahasan merupakan jawaban atas pertanyaan berdasarkan pada fakta dari data yang telah diperoleh dan dianalisis dan didukung oleh sumber-sumber yang relevan. Penulis juga dapat menjelaskan hasil temuan dengan menggunakan perspektif tertentu dari penelitian sebelumnya, atau teori yang relevan dengan kajian yang sedang dibahas. Hasil temuan harus mampu menjelaskan permasalahan yang sudah disebutkan dan proses interpretasi atas data yang dilakukan berbeda atau sama dari hasil penelitian sebelumnya.
  10. Kesimpulan harus menjawab permasalahan penelitian dan temuan dari penelitian yang dilakukan. Penjelasan harus berisi inti sari dari temuan penelitian, dapat juga memberikan saran berupa masukan dan rekomendasi bagi pihak yang berkepentingan terkait dengan temuan penelitian dan agenda penelitian selanjutnya. Kesimpulan ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah maksimal 450 kata.
  11. Ucapan terimakasih berisi ucapan terimakasih kepada siapa saja yang telah membantu dan mendukung dalam penelitian yang dilakukan. Penulis juga bisa memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi pada penelitian yang dilakukan. Hindari permintaan maaf karena penelitian yang belum sempurna atau lainnya.
  12. Daftar rujukan mengacu kepada sumber dan kutipan yang digunakan dalam menulis naskah artikel. Persentasi bahan rujukan yang dipergunakan adalah 80% dari jurnal artikel, prosiding konferensi, dan/atau hasil penelitian. Penulisan referensi merujuk model sistem dari APA style edisi ke-6 dan wajib menggunakan aplikasi Mendeley.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah merupakan hasil karya penulis sendiri, bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme
  2. Naskah sudah mengikuti pedoman dan template penulisan artikel pada Jurnal Fajar Historia.
  3. Referensi yang digunakan minimal 80% dari jurnal artikel, prosiding konferensi, dan/atau hasil penelitian.

  4. Sitasi dan bibliografi menggunakan aplikasi Manajemen Referensi Mendeley.
  5. Penulis tidak akan mengirim artikel ini ke jurnal yang lain, kecuali artikel sudah dinyatakan 'ditolak' pada Jurnal Fajar Historia.
  6. Penulis bersedia melakukan korespondensi dengan baik, tanggap, dan beretika.
 

Copyright Notice

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Privacy Statement

Setiap tulisan yang masuk tidak dipergunakan untuk hal yang lain kecuali untuk diterbitkan dalam bentuk jurnal

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Penulis tidak diharuskan membayar biaya pengiriman artikel sebagai bagian dari proses pengajuan untuk berkontribusi pada biaya tinjauan.

Article Publication: 350000.00 (IDR)

Apabila artikel penulis diterima untuk publikasi (accepted), penulis akan diminta untuk membayar biaya publikasi artikel setelah proses peninjauaan dan revisi selesai dilakukan.

Apabila penulis tidak memiliki dana untuk membayar biaya publikasi tersebut, artikel penulis tetap memiliki kesempatan untuk dipublikasikan di jurnal kami dengan pertimbangan tertentu bahwa artikel penulis merupakan karya yang layak untuk dipublikasi.