Analisis Materi Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam MA Kelas XI Terbitan Kemenag Kurikulum 2013

Ani Roisatul Muna

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya beberapa temuan mengenai ketidaksesuaian analisis buku siswa pada kurikulum 2013. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis materi buku siswa. Sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan agar sesuai dengan analisis yang telah dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research).  Sumber data yang digunakan penelitian ini berupa buku, jurnal, dan situs internet yang terkait dengan topik yang dipilih. Teknik pengumpulan data dengan identifikasi wacana dari buku-buku, jurnal dan informasi lainnya yang terkait. Selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif, yaitu dengan mengumpulkan dan menyusun suatu data, kemudian dilakukan analisis terhadap data tersebut. Dari hasil analisis buku siswa Sejarah Kebudayaan Islam, maka hasil yang diperoleh dari peneliti yaitu banyaknya keterampilan / maharah yang diberikan pada siswa tidak menjamin bagi peserta didik dalam memahami semua materi yang disajikan oleh guru, kemungkinan dengan memberikan hanya beberapa keterampilan saja, namun materi akan dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Dengan begitu, meskipun ada banyak maupun sedikitnya keterampilan yang disajikan pada KD tidak mempengaruhi keterampilan pada peserta didik.

 

DOI: 10.29408/fhs.v4i1.2188


Keywords


Buku Siswa, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Syarwan. 2014. Problematika Kurikulum 2013 dan Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah. Jurnal Pencerahan. Vol. (8)2

Ariyunita, Noorrela. 2019. Pemetaan dan Analisis Maharah Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Jenjang SMA dan MA (Permendikbud No. 24 Tahun 2016 dan KMA No. 165 Tahun 2014). Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. (9)2. hal. 98-104

Darmayanti, Vivi, Slamet H, dan Sulifah A.H . 2014. Pengembangan Buku Siswa Berbasis Inkuiri Pada Pokok Bahasan Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Maesan Bondowoso. Pancaran Pendidikan. Vol. (3) 3. hal. 93-102.

E, Nasin dan D, Anno. 2014. Menulis Naskah Untuk Menjadi Sang Juara. Bandung: Gaza Publishing

Faridah, Nurul. 2018. Analisis Isi Buku Teks Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Smp / Mts Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2016. Diss. IAIN Salatiga

Ferguson, John, dkk. 2008. An Analysis of the Rule of the Textbook in the Construction of Accounting Knowledge. Scotlandia: The institute of Chartered Accountants of Scotland

Mida, Muzamiroh. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Muaripin. 2018. Kajian Pengembangan Bahan Ajar Melalui Analisis KI dan KD dalam Mata Pelajaran SKI Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs). Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. (12)33.

Rouf, Abdul dan Raghda L. 2018. Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya. Vol. (3)2. hal. 903-926

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: PT Bumi Aksara

Yusmium, Ika. 2015. Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Smp / Mts Kurikulum 2013. Diss: Uin Walisongo

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is Indexed by:

 

 

  Creative Commons License

Jurnal Fajar Historia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats