Nilai-nilai Sejarah dan Budaya Bangunan Masa Kolonial di Komplek Pertamina Plaju Palembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

Mira Bella, Sukardi Sukardi, Kabib Sholeh

Abstract


Palembang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia sehingga kehidupan masa kuno hingga masa sekarang ini telah meninggalkan berbagai peninggalan dan bukti sejarah terutama peninggalan-peninggalan masa kolonial Belanda di komplek Pertamina Plaju Palembang. Peninggalan-peninggalan sejarah tersebut sebenarnya secara tidak langsung banyak masyarakat mengetahui tetapi sayangnya nilai-nilai sejarah yang terkandung pada peninggalan tersebut tidak banyak yang tahu sehingga hanya sebagai benda atau bangunan peninggalan sejarah yang dianggap biasah saja dan kurang diminati atau dimanfaatkan. Padahal nilai-nilai sejarah peninggalan masa Kolonial tersebut dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah yang menarik dan penting untuk dipelajari. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sejarah peninggalan masa Kolonial di Komplek Pertamina Plaju Palembang sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan adalah metode sejarah, dimana diawali mulai dari Heuristik atau proses pengumpulan data lapangan dan studi pustaka, kedua verifikasi data, ketiga Interpretasi sejarah atau teknik menganalisis atau penafsiran sejarah yang terakhir adalah Historiografi atau proses penulisan sejarah itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah temuan peninggalan-peninggalan sejarah masa kolonial di komplek Pertamina Plaju adalah bagunan gedung olahraga SMA Patra Mandiri, saluran air terdiri dua tingkat, bangunan rumah arsitektur Eropa, bangunan rumah sakit dan temuan lainnya. pada peninggalan tersebut tentu mengandung nilai-nilai sejarah penting sehingga menarik untuk dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah.

 

DOI: 10.29408/fhs.v4i1.2433


Keywords


Bangunan kolonial, nilai sejarah, pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2017). Sejarah PT. Pertamina Refinery Unit III Plaju Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMK Bina Jaya . 22.

Abdurrahman, dudung. 1999, Metode Penelitian Sejarah. Jakarta: logos wacana ilmu

Oty, O.N, Sholeh. (2019). NILAI SEJARAH GEREJA SILOAM DALAM PENYEBARAN AGAMA KRISTEN DI KOTA PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH. KALPATARU, Vol. 6, No.1.

Dmayati, M. (2014). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. JAKARTA: PT. Rineka Cipta.

Hanum, M. (2014). PROSES INKULTURASI 'RUMAH SIPUT' SEBAGAI PROPAGANDA BUDAYA KOLONIAL PADA TAMPILAN BENTUK KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM. Seminar Rumah Tradisional, 2.

Iswanto, H. Y. (2014). TIPOLOGI BANGUNAN KOLONIAL BELANDA SMP NEGERI 2BANDUNG. 1.

Keling, G. (2016). TIPOLOGI BANGUNAN KOLONIAL BELANDA DI SINGARAJA. Forum Arkeologi Volume 29 Nomor 02, 66-67.

Laksono, J. B. (2013). Kebijakan Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme pada Siswa di SMA Negeri 1 Anbarawa. 2.

Lussetyowati, d. (357). PENDAMPING DALAM PENDAPAT BANGUNAN DI KAWASAN PERMUKIMAN TRADISIONAL 3-4 ULU PALEMBANG. Seminar Ikatan Penelitian Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI), 2017.

Sholeh. K, d. (2019). NILAI-NILAI SITUS BERSEJARAH DI SUMATERA SELATAN SEBAGAI PENGUAT KARAKTER DI SMK PGRI LAHAT. Jurnal PKM: Pengabdian epada Masyarakat, 236-237.

Sjamsuddin, Helius. 2012. Metodologi sejarah. Yogyakarta: Ombak


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan is Indexed by:

 

 

  Creative Commons License

Jurnal Fajar Historia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View My Stats