Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Pada Materi Fisika Kuantum

Authors

  • Aris Doyan Mataram University
  • Susilawati Susilawati Prodi Magister Pendidikan IPA, Program Pasca Sarjana, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2494

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Fisika Kuantum

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap berpikir kritis mahasiswa calon guru pada materi fisika kuantum di FKIP Universitas Mataram tahun 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Materi fisika kuantum meliputi lima sub pokok bahasan Persamaan Schrodinger, Operator Fisis, Komutator, Persamaan Gerak Heisenberg, dan Osilator Harmonis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain penelitian posttest only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan mahasiswa semester VIA sebagai kelas eksperimen dan mahasiswa semester VIB sebagai kelas kontrol. Hipotesis penelitian adalah analisis dengan uji-t polled varians. Berdasarkan hasil uji hipotesis untuk berpikir kritis diperoleh thitung (5,805)> ttabel (1,687) pada taraf signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa calon guru pada materi fisika kuantum mahasiswa.

 

DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2494

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K., & Isrok’atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.

Anderson, L.W. & Krathowhl, D.R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S, A.J.C. 2004. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Doyan, A., 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kuantum pada Matakuliah Fisika Kuantum Ditinjau dari Motivasi Berprestasi, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 1-8, 10.29303/jpft.v1i1.229

Fatimah, N., Gunawan, G., & Wahyudi, W. 2017. Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 183-190, doi: 10.29303/jpft.v2i4.423

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27-35.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220, doi: 10.29303/jpft.v1i3.261

Kagan, Mc. 2007. Developing and Researching PhET Simulations for Teaching Quantum Mechanics. Physics Education Research. 1(0709).

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120, doi: 10.29303/jpft.v4i1.526

Niami, K., Kosim, K., & Gunawan, G. 2018. Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi Komputer Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 220-225, doi: 10.29303/jpft.v4i2.850

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. 2018. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104, doi: 10.29303/jppipa.v4i2.113

Susilawati, S., Jamaluddin, J., Bachtiar, I., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70, doi: 10.29303/jpm.vl2i2.343

Trianto. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.

Yatmi, H. A., Wahyudi, W., & Ayub, S. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 287-295, doi: 10.29303/jpft.v5i2.1327

Yuliati, D.I., Yulianti, D., Khanafiyah, S., 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7, 23-27, doi: 10.15294/jpfi.v7i1.1064

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles