Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Norma Yunita Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi
  • Laxmi Zahara Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi
  • Khaerus Syahidi Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2756

Keywords:

Problem Based Learning, Lesson Study, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Lesson pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Model pembelaran Problem Based Learing melalui Lesson Study. Sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional melalui Lesson Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Hamzar Tembeng Putik kelas X yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dengan jumlah siswa 58 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa essay yang berjumlah 6 butir soal. Penyusunan tes ini mengacu pada indikator berpikir kritis dengan berbagai macam kemungkinan jawaban. Berdasarkan pelaksanaan Lesson Study  pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh perbaikan pada proses pelaksanaan pembelajaran, dari segi pengorganisasian waktu dan siswa serta saat melakukan apersepsi. Hasil uji hipotesis menggunakan  uji-t didapatkan t-hitung = 1.25 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,07. dengan  demikian  t-hitung  >  t-tabel  yang  berarti  hipotesis  yang  diajukan diterima  atau Ha diterima dan Ho  ditolak,  artinya  bahwa “Ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning melalui Lesson Study terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA Al-Hamzar Tembeng Putik

 

DOI: 10.29408/kpj.v4i2.2756

 

 

References

Abdul Aziz1,Shahibul Ahyan2& Lalu Muhammad Fauzi. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning(Pbl) Dalam Meningkatkankemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Lesson Study. Jurnal ElemenVol. 2 No. 1, Januari 2016, hal. 83 –91.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin, and Esa Nur Wahyuni. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ennis, Roberh. (1995). Critical Thinking. Universitas of Illinois.The New York Times Company. United States of Amerika.

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiah UIN Sunan Kalijaga.

Hasbullah.(2005). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hakim, Lukman. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV WACANA PRIMA.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Rafika Aditama.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Konsep dan Implementasi Kurikulum (2013). Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kowiyah. Kemampuan berfikir kritis. Jurnal pendidikan dasar, (online), 3 (5): 175-177, (http://www.um.ac.id ), diakses 27 februari 2017.

Masaaki, Sato. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek Learning Community. Pelita.

Nur, Muhammad. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Raharja, Bagus dkk. (2014). Panduan Belajar Fisika 2A SMA kelas XI . Jakarta: Yudhistira

Riski Fitriyani, Aloysius Duran Corebima, Ibrohim Ibrohim. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran problem based learning dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa sma. Jurnal Pendidikan Sains. Vol 3 No 4. 2015. journal.um.ac.id

Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sato, Manabu. (2012). Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktik Komunitas Belajar. Pelita.

Sugianto. (2010). Model-Model Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuri, Istamar dan Ibrahim. (2008). Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: FMIPA UNM.

Syahroni Ejin. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pedidikan Vol 1 no 1 2016.

Yuliana. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Local Material (LM) Melalui Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Inkuiri Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5 Sman 1 Mojo Kediri Pada Materi Tumbuhan, FKIP UNS, 22 April 2015. (Online), (https://www.google.co.id), di Akses 23 Februari 2017.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Articles