Pengaruh Penguasaan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan turunan dan integral terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA pada materi kinematika gerak, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di Madrasah Aliyah NW Kotaraja yang berjumlah 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode ex post facto, dengan tidak memberikan treatment tetapi langsung mengadakan evaluasi terkait kemampuan siswa pada materi kinematika gerak dan juga kemampuan siswa terkait kemampuan turunan dan integral. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa Freg-hitung = 4,282 dan Freg-tabel = 4,130 (Freg-hitung > Freg-tabel), maka kesimpulan penelitian ini adalah penguasan turunan dan integral berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa pokok bahasan kinematika gerak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Poewardarminta, 1984. Kamus IJmum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta
Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta
Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Graha Raja Grafindo.
Wirodikmoro, Sartono. 2004. Matematika Jilid 4 Untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2971
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Kappa Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________
KAPPA Journal
Program Studi Pendidikan Fisika
FMIPA, Universitas Hamzanwadi
Jln. TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid No. 132 Pancor Selong, Lombok Timur, NTB, 83611, Telp. (0376) 21394, 22953, Fax. (0376) 22953,
Email: kappajournal@hamzanwadi.ac.id,
Website: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj
Kappa Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.