AFINITY IN THE DRAMA TEXT OF ROMEO JULIET BY WILLIAM SHAKESPEARE AND THE NOVEL OF LAILA MAJNUN BY NIZAMI

Authors

  • Afsun Aulia Nirmala dan Syamsul Anwar UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3373

Abstract

Kajian intertekstualitas yang ada dalam Romeo Juliet dan Layla Majnun bertujuan untuk mencari dua hal, yaitu: (1) affinity/afinitas (peertalian, kesamaan) dan atau paralelisme serta varian suatu teks satu dengan yang lain; (2) hipogram/pengaruh karya sastra satu kepada karya lain atau pengaruh sastra pada bidang lain dan sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada objek yang alamiah. Sedangkan hasil dari penelitian ini ada tujuh persamaan dan diperoleh sebuah hipogram. Persamaan ada dalam tema, alur, fisik perempuan, karakter tokoh laki-laki, persamaan psikologis, gaya bahasa dan amanat. Sednagkan hipogram/ naskah awal yang dibuat adalah Romeo Juliet baru kemudian kisan Layla Majnun.

Keywords: Afinitas, Novel , Intertekstualitas, Romeo Juliet

References

Burhan Nurgiyantoro. 2005. Teori Pengkajan Fiksi (Cet. V). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Endraswara,Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta : Buku Pop

El Shirazy, Habiburrahman. 2014. Berdakwah dengan Puisi (Kajian Intertekstual puisi Religius Taufiq Ismail). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol 2, No 1.

Farahanna Juliani. 2018. Perjuangan Perempuan dalam Novel Para Pawestri Pejuang Karya Suparto Brata dan Novel God’s Callgirl Karya Carla Van Raay (Kajian Sastra Bandingan) . Elite Jurnal Vol 1 No 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6300/6463

Ganjavi, Syaikh Nizami. 2013. Layla Majnun. Jakarta: Oase Buku.

Hariya Oktaviany , A. Totok Priyadi , dan Sesilia Seli. 2014. Kajian Intertekstualitas pada Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata dan Sepatu Dahlan Karya Khrisna . Jurnal Pendidikan Pembelajaran, Vol 3 No 7 . http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2017/08/E-JURNAL-FENTY-VIORA-130388201010-FKIP-2017-PDF.pdf

Hutomo, Suripan Sadi. 1993. Merambah Matahari : Sastra dalam Perbandingan.

Jauhari, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Religius Dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader‟s Response. Bandung: CV Arvino Raya.

Nurani Asriningsih dan Turahmat. 2019. Perjuangan Tokoh Perempuan dalam Cerita Pendek “Air” Karya Djenar Maesa Ayu. Jurnal Sebasa Vol 2 No 2.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah mada University Press.

Rachmat Djoko Pradopo. 2005. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan teknik Penelitian sastra dari Strukturalisme hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rina Ratih. 2001. ”Pendekatan Intertekstualitas dalam Pengkajian Sastra” dalam Jabrohim dan Ari Wulandari (Ed.). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.

Shakespeare, William. 1955. Romeo and Juliet. Bandung: Firma Ekonomi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.

Suwardi Endraswara. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Teeuw. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Viora, Fenti. 2017. Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy dan Novel Perempuan Jogja Karya Achmad Munif. Jurnal Umrah. http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2017/08/E-JURNAL-FENTY-VIORA-130388201010-FKIP-2017-PDF.pdf

Wellek, Rene dan Warren, Austin. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-11-28

How to Cite

Syamsul Anwar, A. A. N. dan. (2021). AFINITY IN THE DRAMA TEXT OF ROMEO JULIET BY WILLIAM SHAKESPEARE AND THE NOVEL OF LAILA MAJNUN BY NIZAMI. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 137–151. https://doi.org/10.29408/sbs.v4i2.3373