Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Anak di TK

Authors

  • Atsilah Diah Seftiandani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Syarif Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6219

Abstract

Nilai karakter dalam lirik lagu anak di taman kanak-anak masih belum banyak diketahui. Dari penelitian ini, lirik lagu anak yang dikumpulkan akan dianalisis satu-persatu. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang terkandung di setiap lirik lagu anak di taman kanak-anak. Lagu anak memiliki peran penting sebagai media pembelajaran dalam proses pembentukan nilai karakter bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi. Data penelitian ini bersumber pada lirik lagu anak dari empat lokasi taman kanak-anak (PAUD). Pengumpulan data penelitian menggunakan proses observasi langsung ke empat lokasi taman kanak-anak secara acak. Setelah melalui proses analisis, penelitian ini menghasilkan temuan yang berupa 48 lagu anak dan dikelompokkan menjadi 31 lagu yang mengandung 5 nilai-nilai karakter utama sebagai pada liriknya, sebagai berikut: 16 lagu yang mengandung nilai karakter religiositas, 7 lagu yang mengandung nilai karakter nasionalis, 5 lagu yang mengandung nilai karakter kemandirian, 1 lagu yang mengandung nilai karakter gotong royong, dan 2 lagu yang mengandung nilai karakter integritas. Hasil akhir dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa lirik lagu anak di taman kanak-anak mengandung nilai karakter yang penting bagi perkembangan karakter pada anak di sekolah.

References

Ardipal, A. A. (2015). Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik. Panggung, 25(4), 343–355. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i4.42

Hendarman. (2019). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 8. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?wpdmpro=buku-konsep-dan-pedoman-ppk

Hikmat, A., & Nani Solihati. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-anak Tempo Dulu (Tinjauan Budaya). 1, 8. uri: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/339

Indrastoeti, J. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Proasding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, 284–292. http://www.jurnal.fkip.uns.aac.id/index.php%0Ajurnal.fkip.uns.ac.id › index.php

Kemendikbud. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Kepala Sekolah (Liliana Muliastuti (ed.)). Kemendikbud. http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id ; email: pendidikankarakter@kemdikbud.go.id

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Implementasi Lima Nilai Karakter Pendidikan pada Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255.

Kusumawati, H. (2013). Pendidikan Karakter melalui lagu anak-anak. FBS Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001801/penelitian/PENDIDIKAN+KARAKTER+MELALUI+LAGU+ANAK+FINAL.pdf

Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, (34th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Lizawati, & Uli, I. (2019). Peningkatan Kemandirian Belajar Melalui Pembelajaran Sastra Nusantara Berbasis Pendidikan Karakter Tanggung Jawab. SeBaSa, 2(1), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/sbs.v2i1.1349

Mahmudi, M., Listyarini, I., & Untari, M. F. A. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmud. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.589

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (1st ed., Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Parlakian, R., & Lerner, C. (2010). Using Music with Infants and Toddlers. Young Children, March, 14–19.

Santosa, P. (2015). Metodologi Penelitian Sastra. Azzagrafika. https://www.researchgate.net/publication/326545831%0AMETODOLOGI

Saputro, D., Santoso, T., Sabardila, A., & Ngalim, A. (2017). Nilai Karakter dalam Buku Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi. 9–16.

Syafaruddin. (2016). Peran Strategis PAUD dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. In N. Diana & Mesiono (Eds.), Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). Perdana Publishing.

Tyasrinestu, F. (2014). Lirik Musikal pada Lagu Anak Berbahasa Indonesia. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 163–168. https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.850

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2), 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626

Wahid, A. N., & Saddhono, K. (2017). Ajaran Moral Dalam Lirik Lagu Dolanan Anak. Mudra Jurnal Seni Budaya, 32(2), 172–177. https://doi.org/10.31091/mudra.v32i2.107

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Seftiandani, A. D., & Hidayatullah, S. (2023). Nilai Karakter Pada Lirik Lagu Anak di TK. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 47–65. https://doi.org/10.29408/sbs.v6i1.6219