Geografi Terapan: Pengenalan Alat Survei dan Sistem Informasi Geografis bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
Applied Geography: Introduction to Survey Instruments and Geographic Information Systems for High School Students
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.25004Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Alat Survei, Sistem Informasi Geografis, Pendidikan Geografi, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan penyediaan tenaga pengajar yang profesional. Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, termasuk menggunakan strategi dan media yang tepat. Media pembelajaran yang menarik sangat penting untuk efektivitas komunikasi dan interaksi dalam kelas. Media dapat berupa manusia, materi, atau kejadian yang membantu siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Alat survei dan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah media pembelajaran yang efektif, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh guru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk mengenalkan alat survei dan aplikasi SIG kepada siswa di tiga sekolah, yaitu SMAN 1 Suela, SMAS NW Tebaban, dan MAS NW Tembeng Putik. Kegiatan ini berlangsung pada tiga sesi: 10 Maret 2023, 15 September 2023, dan 24 November 2023. Metode yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, demonstrasi, praktik langsung, dan observasi lapangan. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan alat survei dan aplikasi SIG. Di SMAN 1 Suela, 80% siswa memahami penggunaan alat survei seperti GPS dan kompas geologi, dan 75% siswa dapat melakukan pengukuran dan pengumpulan data. Di SMAS NW Tebaban dan MAS NW Tembeng Putik, 90% siswa mampu membuat peta menggunakan aplikasi Quantum GIS. Kegiatan ini juga meningkatkan minat siswa dalam mempelajari geografi dan ilmu terkait. Kesimpulannya, pendampingan pengenalan alat survei dan aplikasi SIG penting untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam geografi, sehingga pembelajaran menjadi lebih aplikatif dan bermanfaat.
Referensi
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44-52.
Asiyah, S., Putri, M. K., Heldayani, E., Oktavia, M., Chairunisa, E. D., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMA Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), 12-15.
Basuki, Y. R. (2020). Dasar Survei dan Pemetaan. Azhar Publisher.
Haniko, P., Mayliza, R., Lubis, S., Sappaile, B. I., Hanim, S. A., & Farlina, B. F. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Untuk Memudahkan Guru Dalam Penyampaian Materi Dalam Pembelajaran. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2862-2868.
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Sari, M., Siswati, T., Suparto, A. A., Ambarsari, I. F., Azizah, N., Safitri, W., & Hasanah, N. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi.
Tahir, R. B. (2021). Analisis Sebaran Kadar Oksigen (O2) Dan Oksigen Terlarut (Dissolved Oxygen) Dengan Menggunakan Data In Situ Dan Citra Satelit Landsat 8. Jurnal Informasi, Sains dan Teknologi, 4(2), 44-51.
Uguy, R., & Pangalila, L. (2022). Evaluasi Pengukuran Topografi Pada Proyek Jalan Manado Outer Ringroad III. Jurnal Ilmiah Realtech, 18(1), 25-31.
Umar, E. P., Nawir, A., Pongkessu, A., Nurfalaq, A., Manrulu, R. H., & Marnas, M. A. (2022). Pelatihan Akuisisi Data Geolistrik Dalam Identifikasi Subsurface di SMK Penerbangan Techno Terapan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 584-595.
Wahidin, U. (2017). Interaksi Komunikasi Berbasis Media Pembelajaran dalam Proses Belajar-Mengajar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.