Peningkatan Kemampuan TOEFL melalui Pelatihan Intensif untuk Siswa Kelas 12 SMAS NW Ulil Albab Gegek
Enhancing TOEFL Proficiency through Intensive Training for Twelfth Grade Students at SMAS NW Ulil Albab Gegek
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.25421Kata Kunci:
TOEFl training, Pendampingan, Bahasa Inggris, Pelatihan TOEFL, Pondok PesantrenAbstrak
Bahasa adalah sistem komunikasi penting, dan Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional serta syarat studi luar negeri. Namun, santri pondok pesantren sering kekurangan waktu belajar Bahasa Inggris. Untuk itu, SMAS NW Ulil Albab Gegek menginisiasi program pelatihan TOEFL bagi siswa kelas XII dari Agustus hingga Oktober 2023. Program ini melibatkan tiga keterampilan utama: membaca, menulis, dan mendengarkan, dengan sesi tiga kali seminggu tanpa mengganggu jadwal reguler siswa. Tahap persiapan meliputi perencanaan materi, penjadwalan, dan observasi awal, serta pendaftaran siswa dengan surat izin wali. Pelaksanaan menggunakan laboratorium sekolah, dengan evaluasi pre-test dan post-test untuk mengukur kemajuan. Hasil menunjukkan peningkatan skor TOEFL siswa dari rata-rata 383 (pre-test) menjadi 421 (post-test), mencerminkan peningkatan 5%. Meskipun peningkatan sederhana, ini menunjukkan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman siswa dan strategi menjawab soal. Program ini tidak hanya mempersiapkan siswa untuk pendidikan tinggi dan peluang beasiswa tetapi juga meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka secara keseluruhan. Inisiatif SMAS NW Ulil Albab Gegek ini memberikan model integrasi pelatihan TOEFL intensif dalam kurikulum sekolah, terutama di daerah terpencil, sehingga meningkatkan prospek akademis dan profesional siswa
Referensi
Anggraini, H. W., Zuraida, Z., Hayati, R., Maharrani, D., & Pitaloka, N. L. (2023). Pembelajaran TOEFL sebagai upaya peningkatan kompetensi guru di MGMP Kabupaten Muara Enim. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 38-46.
Arsyad, Safnil dkk (2023). Inovasi Pedagogis Melalui Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Cross Cultural Understanding ol. 4, No. 2, Desember 2023. Hal. 140 - 152 DOI: 10.29408/ab.v4i2.21479
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2020). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268.
Emmer, E. T., & Stough, L. M. (2017). Classroom management: A critical part of educational psychology, with implications for teacher education. Educational Psychologist, 52(2), 103-112.
Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.
Hirsh-Pasek, K., Zosh, J. M., Golinkoff, R. M., Gray, J. H., Robb, M. B., & Kaufman, J. (2018). Putting education in “educational” apps: Lessons from the science of learning. Psychological Science in the Public Interest, 16(1), 3-34.
Locke, E. A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. Personnel psychology, 50(3), 801.
Mulyapradana, Aria dkk. (2023). Pendampingan Mengerjakan Soal Toefl Bagi Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran ITSNU Pekalongan. Vol 3 No 1 Januari - Februari 2023 https://doi.org/10.35931/ak.v3i1.2189
Prasetyo, Yudy, & Sari, Dina Merris Maya(2022). Program Pendampingan Dan Bimbingan Toefl Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Vol. 2, No. 1 Maret 2022, Hal. 76-82
Puspita, Nurul & Hasyim, Umar Alfaruq A. (2021). Pendampingan Kegiatan English Club Mahasantri Pondok Pesantren Di Kota Metro Melalui Program Peningkatan Kemampuan English Proficiency (Toefl) . Volume 1, Nomor 2, https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v1i1.1335
Smith, B. L., Sheppard, S. D., Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). Pedagogies of engagement: Classroom‐based practices. Journal of Engineering Education, 94(1), 87-101.
Wahyuni, Nur dkk. (2022).Pelatihan Toefl Dan Pendampingan Beasiswa Untuk Komunitas “Scholarship Hunter Dompu” Dalam Mendukung Visi Pendidikan Di NTB. Volume 1, 2022 Hlm. 308-317
Xu, Z., & Shi, Y. (2018). Application of constructivist theory in flipped classroom-take college English teaching as a case study. Theory and Practice in Language Studies, 8(7), 880-887.
Yulita, D., Neno, H., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris untuk perbankan kepada siswa-siswa SMKS Khatolik Kefamenanu. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 167-176.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masayarakat
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.