Implementasi P5: peningkatan pengetahuan dan keterampilan pertanian siswa melalui budidaya tanaman polybag
Implementation of P5: Enhancing Students' Agricultural Knowledge and Skills through Polybag Plant Cultivation
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.25572Kata Kunci:
Budidaya Polybag, P5, Pertanian Berkelanjutan, Pendidikan LingkunganAbstrak
Pendidikan adalah proses pembelajaran keterampilan, pengetahuan, dan kebiasaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Selain meningkatkan potensi peserta didik, pendidikan bertujuan untuk membentuk karakter yang baik agar mereka menjadi generasi cerdas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Profil Pelajar Pancasila mencakup enam dimensi: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, kebhinnekaan global, gotong royong, kreatif, mandiri, dan bernalar kritis. Program P5 di MIS NW Kelayu Jorong dilaksanakan September-November 2023, dengan metode praktik langsung, melibatkan lima mahasiswa dan tiga dosen pendidikan guru sekolah dasar. Kegiatan ini meliputi penanaman tanaman seperti terong, cabai, bayam, kunyit, dan jahe menggunakan polybag. Tanah gambut di sekolah memerlukan pengolahan khusus dengan pupuk organik untuk budidaya. Media polybag dipilih karena efisien dalam perawatan, pengawasan, dan penghematan tempat, serta dapat dibudidayakan sepanjang tahun. Evaluasi menunjukkan 100% peserta didik berhasil menanam dan merawat tanaman dalam polybag, dengan tingkat keberhasilan panen mencapai 85%. Survei mengungkapkan bahwa 90% siswa merasa kegiatan ini meningkatkan pengetahuan mereka tentang pertanian dan 95% merasa lebih peduli terhadap lingkungan. Kesimpulannya, kegiatan P5 berhasil meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepedulian lingkungan siswa, sekaligus memperindah dan memberikan nilai ekonomi bagi sekolah
Referensi
Adi, Pratama & Dewi Laksmi. 2023. Pengembangan Kokulikuler: Penumbuhan Potensi Merdeka Belajar. Indonesia Emas Grup: Bandung. Agus Andoko, 2004. Budidaya Cabai Merah Secara Vertikulur Organik. Penebar. Swadaya: Jakarta.
Darajah, L. I. I., Hakim, A. R., Supratman, G., Alfarisi, M. H., Dewi, S. S., Prastika, Y., ... & Sarjan, M. (2023). Alternatif Pemanfaatan Limbah Pertanian Sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Organik Untuk Mendukung Pertanian Maju Dan Berkelanjutan. Jurnal Wicara Desa, 1(3), 448-455.
Fatmawati, B., Ariandani, N., Muliawan, W., Fajri, N., Sarwati, S., Marzuki, M., & Wazni, M. K. (2023). Budidaya tanaman hidroponik melalui pendampingan pemanfaatan limbah anorganik sebagai media tanam di sekolah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 269-278
Febrianti, R., Ogawa, A. A. Q., Azzahra, P. Z., Pernong, M. A. B., Pradana, A. M. A., Meilinda, R. P., ... & Sholehurrohman, R. (2024). Mendorong Penggunaan Pupuk Organik Cair Untuk Pertanian Berkelanjutan Di Desa Boga Tama 2. Buguh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 68-72.
Handiyati, T., Qomariyah, S., & Kurniawan, J. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Di MI Cimahi Peuntas Kabupaten Sukabumi. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 86-105.
Hasanah, E. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Sekolah Dasar 07 Pekat NTB. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 272-281.
Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran.
Melfia Yuni. 2023. Teknik Bercocok Tanam Di Lahan Sempit. PT Bumi Aksara; Jakarta Timur.
Misriandi, M., Putri, D. I., Sularno, S., Farihen, F., & Rinanto, R. (2022, November). Pendidikan Pertanian Menuju Kemandirian Pemenuhan Kebutuhan Dapur Keluarga Sehat Dan Bahagia. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Nurhasanah, A., Nazela, S., & Wahab, S. (2024). Pemanfaatan Greenhouse sebagai Sarana dan Prasarana Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Ekoliterasi). Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 5(1), 47-57.
Pakdeto. 2023. Panduan Praktis Dan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kelas 4 Tema: Gaya Hidup Berkelanjutan. Guepedia Grup
Rachmawati. N., A. Mariani., M. N. & I. N. (2022). Projek Penguatan Profil Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototype Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedubasicedu, 06(03), 3613-3625. 10
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, Social: Jurnal Inovasi Pendidikan Ips, 1(3), 177-187.
Sajidan, Idam Ragil, Fadhil, Dkk. 2023. Pradigma Baru Pembelajaran IPA Terapan. CV. Pajang Putra Wijaya; Surakarta.
Sufyadi, S., T. Y. Harjatanaya., P. Adiprima., M. R. Satria., A. Andiani., & I. H. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Propel Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.
Suprianto & Hakim, M.S. (2014). Penyuluhan Penanaman Dalam Plybag. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan. Vol.3 No.3 Hal 159-163 Pp.
Sygeng Winarso. 2005. Kesuburan Tanah. Gava Media, Yogyakarta.
Wahyuni, N., Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Asrina, A., & Ishak, A. T. (2022). Pendampingan pengolahan limbah Kulit Kacang sebagai alternatif pupuk organik. ABSYARA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 267-276.
Wijayanti Murwani Dewi. 2023. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Untuk SD/MI. Penerbit Andi; Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Syahruddin Amin, Donna Boedi Maritasari, Hadiyatul Rodiah, Heni Hartati, Eva Harmayani, Hatimul Qais Zain, Heril Bisri, Herlina Ependi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.