Inovasi Media Permainan Edukatif dari Limbah untuk Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.25785Kata Kunci:
Alat Permainan Edukatif, Anak Usia Dini, Bahan Limbah, Kreativitas GuruAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) dari bahan limbah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubu Raya. Anak usia dini belajar melalui bermain, sehingga APE menjadi komponen penting dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada 20 September 2023 di Aula Universitas Muhammadiyah Pontianak, melibatkan 15 guru dari 8 lembaga yang tergabung dalam Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kubu Raya. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Pelatihan terdiri dari tiga tahap: pemberian materi tentang APE, praktik pembuatan APE, dan pendampingan serta monitoring. Evaluasi dilakukan dengan angket respon peserta, mencakup empat indikator: pengalaman pelatihan sebelumnya, peningkatan kepedulian terhadap lingkungan, pengetahuan baru yang diperoleh, dan kemampuan membuat APE setelah pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa 100% peserta dapat membuat dan menggunakan APE dalam pembelajaran. Selain itu, pelatihan ini memberikan pengalaman baru bagi 66,7% peserta yang belum pernah mengikuti pelatihan serupa sebelumnya. APE yang dibuat menggunakan bahan bekas seperti kardus, botol plastik, dan kain, sehingga juga meningkatkan kesadaran lingkungan peserta. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan APE, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kubu Raya. Dokumentasi penggunaan APE di sekolah menunjukkan implementasi yang berhasil, dengan berbagai jenis APE yang dirancang untuk mengaktifkan aspek perkembangan anak.
Referensi
Aulia, F. C. (2023). Strategi Demonstrasi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di TA Al-Manaar Al-Islamiyah Ngabar Siman Ponorogo. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 2(02), 38-49.
Amineh, R. J., & Asl, H. D. (2015). Review of Constructivism and Social Constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1(1), 9-16.
AH, Nurkamelia Mukhtar. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif dalam Menstimulasi Perkembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(2), 125-138.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.
Hirsh-Pasek, K., Zosh, J. M., Golinkoff, R. M., Gray, J. H., Robb, M. B., & Kaufman, J. (2018). Putting education in “educational” apps: Lessons from the science of learning. Psychological Science in the Public Interest, 16(1), 3-34.
Nurfadilah, Sisca, N. F., & Wulan, A. (2022). Panduan APE Aman Bagi anak Usia Dini: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbudristek.
Nurfidianty, Annafi, Lukman. (2022). Alat Permaianan Edukatif Berbahan Limbah Rumah tangga Pada Pembelajaran Sains anak Usia Dini. Jurnal Pelangi, 4.
Purnomo, E., Darmawati, D., & Nadra, W. S. (2023). Pembimbingan siswa SD sekitar lokasi pantai wisata Kastela untuk smart berplastik. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 55-63.
Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Pemanfaatan limbah kain perca untuk mengembangkan media pembelajaran matematika bagi guru SD. Jurnal Solma, 9(1), 167-175.
Rahma, D. (2017). Penggunaan alat permainan edukatif (APE) untuk mendukung perkembangan anak usia 5-6 tahun di paud al fikri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10).
Sari, A. P. A. (2021). Pengembangan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-5 Tahun Dengan Metode Bercerita (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Suarta, I. N., & Rahayu, D. I. (2018). Model pembelajaran holistik integratif di paud untuk mengembangkan potensi dasar anak usia dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1).
Uswatun, Hasanah. (2019). Penggunaan Alat Permaianan Edukatif (AE) Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Metro Lampung. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Xu, Z., & Shi, Y. (2018). Application of constructivist theory in flipped classroom-take college English teaching as a case study. Theory and Practice in Language Studies, 8(7), 880-887.
Agus, Budiono, Linda Tri Antika, Arin Wildani, Saiful Hadi. (2019). Pelatihan Pembuatan Alat Permianan Edukatif Berbasis Sains Bagi Guru Paud. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(1).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Diana Diana, Sudarti, Nabila, Hanum Mukti Rahayu
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.