Pengenalan Konsep Dasar Bahasa Inggris pada Siswa SD Negeri 72 Kota Bengkulu Melalui English Clinical
Introduction to Basic English Concepts for Elementary Students at SD Negeri 72 Kota Bengkulu Through English Clinical
DOI:
https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.26664Kata Kunci:
English Clinical, Metode Pengenalan Konsep Dasar Bahasa Inggris, Urgensi Bahasa InggrisAbstrak
Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang memiliki urgensi penting dalam era globalisasi saat ini. Penguasaan bahasa Inggris yang baik dapat menjadi kunci akses terhadap berbagai peluang, terutama di bidang pendidikan dan pekerjaan. Namun, di berbagai sekolah dasar, mata pelajaran bahasa Inggris sering kali dikesampingkan atau bahkan digantikan oleh mata pelajaran lokal, sehingga menimbulkan keprihatinan akan urgensi reformasi dalam sistem pendidikan Indonesia. Tindakan yang dilakukan dalam menanggapi tantangan ini, Kementerian Pendidikan telah mengambil keputusan untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib mulai dari kelas 3 sekolah dasar, dengan waktu implementasi pada tahun ajaran 2027/2028. Untuk menunjang upaya tersebut, hadir sebuah program yang disebut English Clinical yang di implementasikan di SD Negeri 72 Kota Bengkulu dalam kurun waktu 2 bulan dengan melibatkan 30 peserta didik. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik melalui penggunaan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif. Melalui program English Clinical, konsep dasar bahasa Inggris diperkenalkan melalui klub belajar yang mengadopsi metode pembelajaran berbentuk diskusi, tanya jawab, praktik, dan penugasan, dengan fokus pada pendekatan "belajar sambil bermain." Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dalam pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris peserta didik. Rata-rata persentase jawaban benar dalam ujian akhir berkisar antara 80% hingga 100%. Dengan demikian, program English Clinical berhasil mencapai tujuannya dalam memperkenalkan konsep dasar bahasa Inggris secara efektif. Kombinasi metode dan media pembelajaran yang komprehensif membawa dampak positif pada hasil belajar peserta didik, menegaskan pentingnya pendekatan yang interaktif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa asing di kalangan anak-anak
Referensi
Arieska, R. (2015). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pokok Indera Penglihatan Pada Manusia Kelas Viii Smp Negeri 30 Surabaya.
Atmono, D. (2020). Hubungan kepedulian guru terhadap inovasi, budaya sekolah, dan kompetensi profesional dengan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di kota Banjarmasin / Dwi Atmono.
Budiarta, I.W. (2019). Eksistensi Bahasa Lokal Terkait Pemindahan Ibu Kota Negara Ke Kalimantan Timur: Ancaman dan Strategi Pemertahanannya. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/365
Dharma, N.Y., Anugrah, M.D., Tenggawana, S.T., Rustam, M.Z., Pattipi, V.C., & Utomo, A.W. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak-anak Usia TK di Dusun Ngroto. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.24246/jms.v2i12021p154-164
IAIN Palopo, P.F. (2019). Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Ingris Di Sekolah Dasar Di Suru Tangan Kecamatan Wara Bara. https://doi.org/10.31227/osf.io/d7rst
Juliyantika, T., & Batubara, H.H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869
Munthe, A.A., Munthe, S.R., Fatimah, R., Anggina, W.T., & Rambe, A.W. (2019). Merancang Bahan Ajar Tematik SD/MI yang Menarik. https://doi.org/10.31227/osf.io/tnjmu
Nasution, R.D., Manulang, E.B., & Erlita, Y. (2018). Pembudayaan Bahasa Inggris Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Bahas. https://doi.org/10.24114/BHS.V28I3.10076
Nur Hidayati, D., Ali Yafi, M., Budi Santoso, A., Yuni Ambarsari, R., Faridhoh Sasmito, L., & Beny Asfuri, N. (2022). Pendampingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Siswa Menengah Atas Atau Kejuruan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tunas Membangun. https://doi.org/10.36728/tm.v1i2.1663
Pratiwi, D.I. (2016). Pembuatan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ilmu Tajwid.
Sasmitha, I., & Thamrin, H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Interaktif di Rumah Pintar YAFSI. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1414
Setyawan, C.E. (2018). Konsep Landasan Teori Dan Rancangan Silabus Pembelajaran Maharah Istima Di Perguruan Tinggi. https://doi.org/10.36668/JAL.V7I1.83
Soetrimo, A. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Tamiang Hulu T.A 2019 / 2020. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.631
Suharyanto, S. (2018). Menyiasati Kegagalan Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing. https://doi.org/10.17509/RB.V4I2.16382
Susfenti, N.E. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak. https://doi.org/10.32678/jsga.v8i01.5858
Tahang, H., Yuliana, Y., Hardianti, R., & Ohorella, H.M. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Asuh di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong. Abdimas: Papua Journal of Community Service. https://doi.org/10.33506/pjcs.v4i1.1601
Usodo, B., Soesanti, N., Murti, R.C., Jamilah, J., Amran, A., Puspita, R., & Dwiana, R. (2017). Modul pengembangan keprofesian berkelanjutan SD kelas tinggi kelompok kompetensi A.
Warmadewi, A.A., Kardana, I.N., Raka, A.A., & Dharmayanti, N.W. (2022). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pengajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya pada Sekaa Truna di Desa Bongkasa Pertiwi. Jurnal Abdidas. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.652
Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA LOKAL KELAS V SD. https://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nindia Dwi Citra Nindia, Washlurachim Safitri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penulis penuh. Jurnal ABSYARA memberikan akses terbuka terhadap informasi agar dan temuan pada artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Jurnal ABSYARA dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Jurnal ABSYARA oleh Fakultas MIPA, Universitas Hamzanwadi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.