Penguatan Kesiapan IKM Informatika Melalui Pelatihan Jaringan MAN dan SMK di Lombok Timur

Strengthening Readiness for Informatics IKM through Network Training at MAN and Vocational Schools in East Lombok

Penulis

  • Baiq Desi Dwi Arianti Universitas Hamzanwadi https://orcid.org/0000-0001-8349-7371
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Hamzanwadi
  • Kholida Ismatulloh Universitas Hamzanwadi
  • Yosi Nur Kholisho Universitas Hamzanwadi
  • Rasyid Hardi Wirasasmita Universitas Hamzanwadi
  • Hartini Haritani Universitas Hamzanwadi
  • Marfuatun Marfuatun Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v5i1.27187

Kata Kunci:

Jaringan Komputer, Kurikulum Merdeka Belajar, Pelatihan, Pendampingan, Revolusi Industri 4.0, Society 5.0,

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Menanggapi hal ini, pemerintah Indonesia melalui Permendikbud Nomor 36 dan 37 Tahun 2018 mengintegrasikan kembali mata pelajaran informatika dalam kurikulum Merdeka Belajar. Namun, kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum ini masih menjadi tantangan, terutama karena kurangnya guru yang mumpuni di bidang informatika dan keterbatasan fasilitas. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam jaringan dasar komputer melalui pelatihan dan pendampingan di MAN 1 Selong dan SMK Qurrota’ayun Joben. Pelatihan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika dan dilaksanakan dalam tiga pertemuan intensif. Metode yang digunakan mencakup pemberian materi teoritis dan simulasi praktis serta pendampingan dalam kelompok kecil untuk memastikan setiap peserta dapat memahami dan mengaplikasikan materi yang diberikan. Hasil pretest menunjukkan bahwa mayoritas peserta memiliki pemahaman yang rendah terhadap jaringan komputer. Namun, setelah pelatihan, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta, yang ditunjukkan oleh hasil posttest. Tingkat pemahaman "sangat paham" meningkat dari 0% menjadi 5%, "cukup paham" dari 2% menjadi 40%, sementara "kurang paham" menurun dari 11% menjadi 45% dan "tidak paham sekali" dari 87% menjadi 10%. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa metode pelatihan berbasis praktik langsung dan pendampingan intensif sangat efektif dalam meningkatkan kompetensi teknis siswa dalam jaringan komputer. Model pelatihan ini dapat menjadi referensi untuk program pengembangan keterampilan lainnya di bidang pendidikan

Biografi Penulis

Yosi Nur Kholisho, Universitas Hamzanwadi

Referensi

Asmarika, Husin, A., Syukri, Wismanto, & Qanita, R. (2022). Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 282–300. https://doi.org/10.55403/HIKMAH.V11I1.498

Febriana, H., Andita, K. V., Rismarina, R. A., & Maulana, A. (2023). Peluang Bisnis Digital di Indonesia Pada Era Society 5.0. Jurnalku, 3(3), 365–374. https://doi.org/10.54957/JURNALKU.V3I3.595

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1). https://doi.org/10.31942/ABD.V4I1.2690

Hendrastuty, N., An’Ars, M. G., Damayanti, D., Samsugi, S., Paradisiaca, M., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). Pelatihan Jaringan Komputer (Microtik) Untuk Menambah Keahlian Bagi Siswa SMAN 8 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 209–212. https://doi.org/10.33365/JSSTCS.V3I2.2105

Imron, M., Krisbiantoro, D., & Arsi, P. (2021). Peningkatan Kompetensi Bagi Siswa Melalui Pelatihan dan Pendampingan Jaringan Komputer Pada Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 1 Karanglewas Purwokerto. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 545–551. https://doi.org/10.31849/DINAMISIA.V5I3.3993

Ismatulloh, K., Nur Kholisho, Y., Desi Dwi Ariant, B., Hardi Wirasasmita, R., Zamroni Uska, M., & Lutfi, S. (2023). Pelatihan pembuatan video profil sekolah di SMA se-kabupaten Lombok Timur. e-journal.hamzanwadi.ac.id, 4(1). https://doi.org/10.29408/ab.v4i1.18343

Latifah, & Ngalimun. (2023). Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Transformasi Digital Dengan Pendekatan Manajemen Pendidikan Islam di Era Society 5.0. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.31602/JT.V5I1.10576

Moedjahedy, J. H., Ferry Mandias, G., S Waworundeng, J. M., Andrias Sahulata, R., Informasi, S., Ilmu Komputer Universitas Klabat Jl Arnold Mononutu, F., Minahasa Utara Manado, A., & Utara, S. (2023). Pemahaman Cara Kerja Otomasi Kantor Berbasis IT Didukung Jaringan Komputer Terpadu. Servitium Smart Journal, 1(2), 58–66. http://servitium.unklab.ac.id/index.php/ssj/article/view/12

Nalendra, A. K. (2020). Manajemen Jaringan Komputer. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=nWj9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=jaringan+dasar,+resource+sharing+(data+sharing,+hardware+sharing,+internet+access+sharing),+connectivity+dan+communication+(media+transmisi),+serta+pembuatan+kabel+UTP&ots=lO2ni3L-f2&sig=yi_W_JvchjC1zMviYzx6wboDx_0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Putri, H., Meri, H. Y., & Teuku, A. (2022). Pengembangan modul elektronik mata pelajaran informatika sebagai bahan ajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Bumi Persada, 1(2), 15–24. https://karya.brin.go.id/id/eprint/21611/

Prastyo, A., Retnoningsih, D., Haris, A., & Saputro, F. H. (2020). Rancang Bangun Wireless Metropolitasn Area Network untuk Integrasi IP Camera dan Sharing Internet pada Dinas Perdagangan Kota Salatiga. http://repository.usahidsolo.ac.id/id/eprint/150

Prima Putra, K., Fajar, M. B., Setialaksana, W., Zulfikar Yusuf, A., & Negeri Makassar, U. (2024). Sinergi Pendidikan dan Praktik: Pengabdian dalam Standar Jaringan untuk Siswa SMK Negeri 5 Gowa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 119–126. https://doi.org/10.26858/ININNAWA.V2I1.2761

Toresa, D., Putra, P. P., Febriadi, B., & Handayani, S. (2023). Pelatihan Dasar Jaringan Komputer Untuk Siswa Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) SMK Migas Inovasi Riau. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.31849/JCOSCIS.V3I1.10891

Widya, M., & Santoso, S. B. (2024). Buku Dasar Jaringan Komputer. http://repository.upy.ac.id/9123/1/Buku_JARINGAN%20KOMPUTER%20-%20Marti%20Widya%20Sari%20%281%29.pdf

Unduhan

Diterbitkan

31-07-2024