Desa Peduli Pendidikan melalui pendampingan penulisan Karya Ilmiah (laporan PTK)

Penulis

  • Eko Purnomo Universitas Khairun
  • Kodrat Hi Karim Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4207

Kata Kunci:

Kenaikan Pangkat Guru, Laporan Ilmiah, Penelitian Tindakan Kelas, Publikasi

Abstrak

Publikasi karya ilmiah menjadi salah satu unsur penting terhadap kenaikan pangkat pendidik. Permasalahannya adalah rata-rata guru di SD Negeri 45 belum mampu melakukan penulisan dan publikasi secara mandiri bahkan beberapa guru belum mahir dalam mengoperasikan komputer khususnya penggunaan Microsoft Office Word. Padahal penulisan karya ilmiah memerlukan keterampilan tersebut untuk mempermudah pekerjaan guru selama menulis. Pada pengabdian ini terdapat beberapa poin yang dilatih yaitu optimalisasi penggunaan Microsoft Office Word, kaidah penulisan laporan ilmiah dan publikasinya, serta teknik pelaksanaan PTK. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 September tahun 2021. Mitra pengabdian ini adalah seluruh guru di Sekolah Dasar Negeri 45 Kota Ternate. Metode yang digunakan adalah demonstrasi, ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan guru di SD Negeri 45 Kota Ternate mampu menulis laporan ilmiah PTK meskipun hanya 3 orang yang memiliki kemampuan menulis paling baik. Pada tahap evaluasi ditemukan beberapa koreksi seperti kesalahan penulisan kata, teknik analisis data dan penggunaan referensi. Kendala dalam penelitian ini adalah keterbatasan laptop dan komputer sehingga membutuhkan waktu yang lama karena saat latihan fasilitas laptop yang tersedia adalah 3 sehingga guru dibagi dalam 3 kelompok belajar. Namun, secara keseluruhan pengabdian ini mampu memberikan pemahaman dan motivasi pada guru di SD Negeri 45 Kota Ternate untuk melakukan penulisan karya ilmiah.

Biografi Penulis

Eko Purnomo, Universitas Khairun

Dosen Tetap Prodi PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun

Kodrat Hi Karim, Universitas Khairun

Dosen Tetap Prodi PGSD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun

Referensi

Ain, S. Q., & Mustika, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika kepada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 2(5), 1080-1085.

Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85-93.

Ariawan, R., & Ruqaiyah, R. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Penelitian Tindakan Kelas) Bagi Guru–Guru SD. Community Education Engagement Journal, 1(2), 73-82.

Arinkunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gaya Media.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI: Jakarta.

Hodiyanto, H., & Alimin, A. A. (2020). In House Training (IHT) dalam penyusunan karya tulis ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 56-63.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., & Gunawan, I. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Clinical Coaching bagi Guru Madrasah Inklusi. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 23-31.

Mawardi, M., Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan Pelatihan Partisipatif Pada Kegiatan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132-137.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97-104.

Rintaningrum, R. (2015). Mengapa Guru Tidak Menulis Karya Ilmiah: Perspektif Guru. In Seminar Nasional ‘Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Dalam Perspektif Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Risdiany, H. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 194-202.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al-Khidmat : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15-24.

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan kemampuan guru dalam penulisan karya ilmiah melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-7.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal bagi Guru-Guru IPS Kabupaten Malang. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 1(1), 40-47.

Wicaksana, M. F., Suparmin, S., Sudiatmi, T., & Muryati, S. (2021). Pendampingan peningkatan profesionalitas guru Bahasa Indonesia melalui literasi menulis artikel di jurnal ilmiah. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 128-136.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365-375.

Wiraatmadja, R. (2012). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2021