Pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah bagi guru di MA Ma’arif NU Sains AL-Quran Sumbang

Penulis

  • Asfi Aniuranti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Nur’aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.7032

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah, Pelatihan Guru, Publikasi Ilmiah

Abstrak

Publikasi ilmiah merupakan kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh setiap akademisi termasuk guru. Kegiatan publikasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah satu bentuk publikasi ilmiah adalah publikasi dalam bentuk artikel pada jurnal ilmiah. Sayangnya, geliat publikasi artikel di sekolah mitra, yaitu MA Ma’arif NU Sains Al-Quran Sumbang masih rendah. Baru ada 9, 09% guru yang memiliki pengalaman menulis artikel, sisanya atau sebanyak 90, 91% guru belum melakukan kegiatan publikasi artikel. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah diperlukan. Kegiatan pelatihan penulisan artikel dilakukan secara luring dan daring. Rangkaian kegiatan yang dilakukan terdiri dari pemberian teori terkait artikel jurnal ilmiah, praktik mandiri, dan pendampingan penulisan sebanyak dua kali. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa, terdapat sedikit peningkatan jumlah guru yang mampu menyusun artikel. Terdapat 27,27% guru yang telah mampu menyusun artikel secara lengkap. Terdapat juga 72.72% guru yang telah mampu mengakses Open Journal System (OJS) dan mampu membuat akun pada jurnal. Hasil angket juga menunjukkan adanya respon positif dari pada guru. Persentase tertinggi untuk seluruh item dalam angket ada pada pilihan setuju. Hasil angket menunjukkan beberapa kesimpulan penting. Pertama, guru merasa seluruh rangkaian kegiatan pelatihan bermanfaat. Kedua, penulisan artikel jurnal ilmiah adalah hal yang penting. Ketiga, para guru berpendapat bahwa proses publikasi melalui OJS mudah dipahami. Secara keseluruhan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan sudah dapat meningkatkan kemampuan para guru dalam menyusun artikel bahkan mengakses OJS, dan kegiatan pelatihan mendapat tanggapan yang positif.

Biografi Penulis

Asfi Aniuranti, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

Asfi Aniuranti is a lecturer at the English Language Teaching (ELT) Department, Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto in Central Java, Indonesia. She took her undergraduate program (ELT Department) at Universitas Muhammadiyah Purwokerto and master program (Linguistics Department) at Universitas Gadjah Mada. Her research interest is in TEFL and Linguistics. She has written several books such as ‘British vs American English’ (2016), ‘Buku Pintar Pelajaran 5 in 1’ (2017), 'English for Nursing Jilid II’ (2018), Smart Master: English Vocabs (2020), and Handbook of Pre-intermediate Grmmar: Learning English Grammar with Fun (2021). Some of her articles have also been published in accredited journals such as Digital Teaching Tools in 21st Century EFL Classroom: Are Our Teachers Ready? (2018), Teaching English allomorphs through ‘Harry Potter and the Chamber of Secret’ movie (2020), An Investigation of Errors Committed by the Students of English Language Teaching Department in Writing Narrative Text (2020), The Implementation of Literary Works for Promoting Student Involvement in Learning English Grammar (2021), and Exploring the Effect of the Pace Model on Students’ Grammar Mastery and Students’ Voices on Its Usage (2022). One of her biggest achievement was receiving Novice Lecturer Research (PDP) fund from Kemendikbud-Ristek (2021).

Referensi

Astuti, Elly, dan Isharijadi Isharijadi. 2019. “Pengenalan Open Journal System (OJS) Untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa.” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 4(4):409–14. doi: 10.30653/002.201944.189.

Batista, Getulio. 2006. “Scientific Publication.” Ambiente e Agua – An Interdisciplinary Journal of Applied Science 1(2):11–14. doi: 10.4136/AMBI-AGUA.8.

Dangal, G., P. K. Hamal, dan M. Giri. 2017. “Understanding Research and Scientific Publication.” Journal of Nepal Health Research Council 15(35):I–II. doi: 10.3126/JNHRC.V15I1.18005.

Franco, Josue. 2020. “Introducing the Analysis of Journal Articles.” doi: 10.33774/APSA-2020-VHJSV.

Haider, Syed Mahmood, dan Mehwash Kashif. 2019a. “Open Journal System.” Annals ASH KM&DC 24(2):59–61.

Haider, Syed Mahmood, dan Mehwash Kashif. 2019b. “Open Journal System.” Annals ASH KM&DC. doi: 10.4403/jlis.it-11307.

Hodiyanto, Hodiyanto, dan Al Ashadi Alimin. 2020. “In House Training (IHT) Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1(2):22–29. doi: 10.29408/AB.V1I2.2710.

Lukman, SS Ahmadi, W. Manalu, dan DS Hidayat. 2019. PEDOMAN PUBLIKASI ILMIAH 2019.

Ming, Khoo Ee. 2006. “How To Write A Journal Article?” Malaysian Family Physician : The Official Journal of the Academy of Family Physicians of Malaysia 1(2–3):86.

Permenpanrb. 2009. Permen PAN & RB No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

Purnomo, Eko, dan Kodrat Hi Karim. 2021. “Desa Peduli Pendidikan Melalui Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah (Laporan PTK).” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(2):220–29. doi: 10.29408/AB.V2I2.4207.

Riyanto, S., H. Subagyo, B. Nugroho, dan S. Afandi. 2017. “Pengantar Open Journal System (OJS).” doi: 10.13140/RG.2.1.4093.1280.

Rusdiana, A. 2019. “Panduan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah.”

Rusdiana, Ahmad. 2019. Panduan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah. disunting oleh P. P. S. U. S. G. Djati. Bandung.

Suseno, Nyoto, Purwaningsih Purwaningsih, Arif Rahman Aththibby, Purwiro Harjati, dan Lakon Wahono. 2022. “Kemitraan Guru Dan Dosen Dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Menghasilkan Artikel Publikasi Bersama.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(1):48–59. doi: 10.29408/AB.V3I1.5732.

Wicaksana, Muhlis Fajar, Suparmin Suparmin, Titik Sudiatmi, dan Sri Muryati. 2021. “Pendampingan Peningkatan Profesionalitas Guru Bahasa Indonesia Melalui Literasi Menulis Artikel Di Jurnal Ilmiah.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2(1):128–36. doi: 10.29408/AB.V2I1.3776.

Willinsky, John. 2005. “Open Journal Systems: An Example of Open Source Software for Journal Management and Publishing.” Library Hi Tech 23(4):504–19. doi: 10.1108/07378830510636300.

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

30-12-2022