Penguatan Self-Efficacy dan Self-Esteem siswa SMA Laboratorium UM dalam meraih prestasi

Penulis

  • Karkono Karkono Universitas Negeri Malang
  • Evynurul Laily Zen Universitas Negeri Malang
  • Rully Aprilia Zandra Universitas Negeri Malang
  • Moh Safii Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-9424-4588
  • Bunga Almia Gane Sari Universitas Negeri Malang
  • Luthfi Farihatun Nisa’ Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.7220

Kata Kunci:

Literasi, Prestasi, Self-Efficacy, Self-Esteem

Abstrak

Siswa di sekolah perlu didorong untuk terus berfikir kreatif dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara tuntas. Perlu dorongan dari dalam diri dan terutama dari luar, yaitu melalui lingkungan sekolah atau orang tua agar tumbuh sikap positif dan kepercayaan diri sehingga mampu menyelesaikan beragam tantangan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi bekal beberapa kecakapan tersebut, terutama agar siswa lebih percaya diri dan memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan 3 fase yaitu fase pertama sharing dan motivasi untuk meningkatkan Self Efficacy dan Self Esteem, fase kedua sharing event lomba untuk meningkatkan jiwa berkompetisi dan fase ketiga festival presentasi karya tulis ilmiah untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Pelatihan ini dilaksanakan sesuai rencana pada 17-20 Juni 2022 untuk pelatihan Self Efficacy dan Self Esteem. Kegiatan kedua sharing event lomba mahasiswa dilaksanakan bulan 21 Juli 2022, dan Festival Presentasi Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan di bulan 25 Nopember 2022. Hasil pengabdian menunjukkan sebanyak 56.5% menyakan puas, sisanya sangat puas. Ini artinya pengabdian ini berhasil meningkatkan self-esteem dan self-efficacy siswa. Ditunjang juga dengan kesiapan siswa untuk memasuki dunia pendidikan tinggi, melalui saran yang telah diberikan.

Referensi

Agustin, A. (2022). Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Self Esteem Anak Usia Dini di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.

Andopa, A., Hardivizon, H., & Yunita, N. (2018). The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 3(2), 139. https://doi.org/10.29240/AJIS.V3I2.578

Bale, C., & Archer, J. (2013). Self-perceived attractiveness, romantic desirability and self-esteem: A mating sociometer perspective. Evolutionary Psychology, 11(1), 68–84. https://doi.org/10.1177/147470491301100107

Brummelman, E., & Sedikides, C. (2020). Raising Children With High Self-Esteem (But Not Narcissism). Child Development Perspectives, 14(2), 83–89. https://doi.org/10.1111/CDEP.12362

Greco, A., Annovazzi, C., Palena, N., Camussi, E., Rossi, G., & Steca, P. (2022). Self-Efficacy Beliefs of University Students: Examining Factor Validity and Measurement Invariance of the New Academic Self-Efficacy Scale. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.498824

Hasanah, H. (2022a). Kontribusi Self-esteem dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh.

Hasanah, H. (2022b). Kontribusi Self-esteem dan Dukungan Sosial Orangtua terhadap Resiliensi Akademik Siswa pada Pembelajaran Daring/Jarak Jauh.

Ismatulloh, K., Ismatulloh, K., Jamaluddin, J., Arianti, B. D. D., Wirasasmita, R. H., Kholisho, Y. N., Uska, M. Z., Kuswanto, H., Fathoni, A., & Lutfi, S. (2021). Gerakan Informatika Cerdas Berliterasi “berinovasi membangun peradaban diera 4.0 dengan budaya literasi.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 301–310. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4333

Jufri, M., Prasetyo, S. E., Estrada, Y., Melati, D. S., Elia, E., & Johan, J. (2022). Penyuluhan Dan Lomba Poster Di SMK Al-Azhar Batam Dengan Tema Internet Aman Dan Sehat. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 78–86. https://doi.org/10.37253/NACOSPRO.V4I1.6918

Monteiro, R. P., Coelho, G. L. de H., Hanel, P. H. P., de Medeiros, E. D., & da Silva, P. D. G. (2022). The Efficient Assessment of Self-Esteem: Proposing the Brief Rosenberg Self-Esteem Scale. Applied Research in Quality of Life, 17(2). https://doi.org/10.1007/s11482-021-09936-4

Nikmarijal, N. (2022). Perkembangan Self-Esteem Anak. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(2), 29–32. https://doi.org/10.32923/ijoce.v3i2.2727

Oh, G. E. (Grace). (2021). Social class, social self-esteem, and conspicuous consumption. Heliyon, 7(2). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06318

Paramika, I., Dharmayana, I. W., & Sulian, I. (2022). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA BELAJAR MELALUI BIMBEL TATAP MUKA DAN BELAJAR MELALUI BIMBEL DARING DENGAN APLIKASI RUANG GURU SMA NEGERI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1). https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.89-98

Prifti, R. (2022). Self–efficacy and student satisfaction in the context of blended learning courses. Open Learning, 37(2). https://doi.org/10.1080/02680513.2020.1755642

Purba, E. P., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Tema 3 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 091409 Sarimatondang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1293–1302. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.8372

Rinjani, E. D., Indriani, M. E., Rohman, A., & Imron, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 5. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1). https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.316

Schubert, N., & Bowker, A. (2019). Examining the Impostor Phenomenon in Relation to Self-Esteem Level and Self-Esteem Instability. Current Psychology, 38(3), 749–755. https://doi.org/10.1007/S12144-017-9650-4

Seran, A. L., Bima, V. D., Fernandes, C., Y Thon, A. S., Seran, V. M., Cowang, R. S., Nusin, J. A., Sanak, M. U., Oemata, N. D., Seran, D. D., N Bureni, A. M., Faot, W., Winati, H. R., Manikin, M. C., Lanus, G. A., & Boy Baunsele, A. (2022). PERANAN MAHASISWA KKN DALAM PENGUATAN LITERASI DI SDK YASWARI BENLUTU. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.47232/JIPKM.V2I2.217

SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Wayan Karmana, B. I. (2022). Pentingnya Penerapan Keterampilan Life-Long Learning bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 182–187. https://e-journal.lp3kamandanu.com/index.php/educatoria/article/view/113

Steinsbekk, S., Wichstrøm, L., Stenseng, F., Nesi, J., Hygen, B. W., & Skalická, V. (2021). The impact of social media use on appearance self-esteem from childhood to adolescence – A 3-wave community study. Computers in Human Behavior, 114. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106528

Sudarwani, M. M., Eni, S. P., & Simatupang, S. (2022). Lomba Kreativitas Membuat Majalah Dinding Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Tema Sustainable Living By Design (Creativity Contest for Making Wall Magazines for High School Students with the Theme Sustainable Living By Design). JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 4(1). https://doi.org/10.33541/CS.V4I1

Suryadin, T. (2022). MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI. Journal RESPECS, 4(1). https://doi.org/10.31949/respecs.v4i1.1872

Suseno, N., Suseno, N., Purwaningsih, P., Aththibby, A. R., Harjati, P., & Wahono, L. (2022). Kemitraan guru dan dosen dalam menjaga kualitas pembelajaran daring saat Pandemi Covid-19 menghasilkan artikel publikasi bersama. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 48–59. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5732

Sylviana Zanthy, L., Yuliani, A., Dwi Minarti, E., studi Pendidikan Matematika, P., & Siliwangi Bandung, I. (2022). Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK menggunakan kurikulum Prototipe. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.29408/ab.v3i1.5226

Ulhaq, S. D. (2022). EFEKTIVITAS KONSELING GESTALT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA REMAJA KORBAN BULLYING : LITERATURE REVIEW. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1642–1650. https://doi.org/10.33394/REALITA.V7I2.5545

Valencia, C., & Soetikno, N. (2022). Pengaruh Fungsi Keluarga terhadap Self-Esteem Remaja yang Memiliki Keluarga Bercerai pada Masa Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13191–13201. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V6I2.4541

Yusuf, W., Abdullah, A., Agustina, A., & Aramico, B. (2022). CHANGING BEHAVIOR OF SD/MI STUDENTS THROUGH CLEAN AND HEALTHY BEHAVIOR LIFESTYLE (PHBS) CAMPAIGN POST-DISASTER IN PIDIE JAYA DISTRICT. ABDIMU: Jurnal Pengabdian Muhammadiyah, 2(1). https://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/abdimu/article/view/1332

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2022