PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • Nunung Ariandani Univeritas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar IPA.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar biologi dengan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan karena cara penyampaian guru yang kurang variatif selalu menjadi permasalahan utama dalam proses pembelajaran, guru juga cenderung menggunakan metode ceramah yang kemudian dilanjutkan dengan latihan soal-soal sehingga pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen karena sengaja menimbulkan variabel dan selanjutnya dikontrol untuk melihat pengaruhnya terhadap hasil belajar dan selanjutnya dianalisis menggunakan angka-angka sebagai hasil akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII MTs NW Kelayu Tahun Pelajaran 2013/2014, subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 52 siswa, yaitu untuk kelas VIIA dengan jumlah 26 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIIB dengan jumlah 26 siswa menjadi kelompok kontrolnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai untuk masing-masing kelompok yaitu kelompok eksperimen 1947 dengan nilai rata-rata 76,42. Sementara kelompok kontrol 1744 dengan rata-rata nilai 67,07. Kemudian dari hasil uji-t pada kemampuan kognitif siswa dengan perhitungan statistik di peroleh t-hitung sebesar 2,983. Selanjutnya harga t-hitung tersebut dibandingkan dengan harga t-tabel dengan taraf kepercayaan 5% dengan db=50 adalah 2.66. Maka t-hitung > t-tabel yaitu 2,983 > 2,66. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Muchydin, 2001, Mengorganisasi Fasilitas dan Sumber Belajar. Bandung: Universitas Pendidikan.

Mulyasa, E, 2008. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.

Pupuh, Fathurrahman, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Diterbitkan

2019-07-23

Terbitan

Bagian

Articles