Penerapan Model Time Token Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Aik Mual
Keywords:
Keaktifan Peserta Didik, Model Time TokenAbstract
Keaktifan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk keberhasilan dalam pembelajaran. Penelitian ini menerapkan model Time Token sebagai model pembelajaran yang akan menstimulasi keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesa menggunakan model Time Token. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 36 siswa kelas IV SDN 1 Aik Mual, dengansiswa laki–laki berjumlah 14 siswa dan siswa perempuan berjumlah13 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil menunjukan pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model time token sebesar 20,5%. Adapun keaktifan peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model time token mengalami peningkatan pada siklus satu dan dua sebesar 24,9%. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan kekatifan belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Aik Mual.
References
Budiasa & Gading. (2020). Model Pembelajaran Inkuri terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Kekatifan dan Hasil Beajar IPA.MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 253-263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526
Kurniawan, Andri.,Anim., & Syafitri, Eli. (2022). Model Pembelajaran Inovatif II. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.
Kurniawan, A. (2022). Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Indonesia: Wiyata Bestari Sumasta
Lahanda, J. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Time Token Arends Di Kelas Iva MIN 3 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Mariah.S. (2023). Peningkatan Kekatifan Siswa dalam Pembelajaran Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Time Token. Journal of Education Action Research. 7,(2), 222-230. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54222
Putra, E dan Apdoludin. (2022). Model dan Metode Pembelajaran. Jawa Tengah:Penerbit Lakeisha Ridwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jawa Timur: Prenada Media
Simeru, Arden., Nastion, Torkis., & Takdir, Muh. (2023). Model-Model Pembelajaran. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha
Sinar. (20180). Metode Active Learning:Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.
Yogyakarta: Deepublish.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Wahyuningsih, S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.