PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LITERASI SAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI SMA/MA

Authors

  • fitri Febriana Universitas Hamzanwadi
  • Indra Himayatul Asri
  • Nunung Ariandani
  • Marzuki Marzuki

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Sains dalam model pembelajaran Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Sains dalam model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas XI SMA/MA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Devlopment) mengacu pada Borg and Gall pada tahun 1883. Adapun langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain, guru biologi, dan 12 siswa kelas XII IPA 2. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Untuk menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan rumus persentase dengan hasil penelitian produk yang telah dikembangkan. Dengan kriteria baik pada uji kelayakan oleh ahli materi dengan persentase 79,68%, pada ahli desain 96,62% dengan kriteria sangat baik, hasil validasi oleg guru biologi 83,43% dengan kriteria sangat baik, dan respon siswa 86% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Literasi Sains dalam model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas XI SMA/MA layak digunakan untuk proses pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

References

Yuliani, Leni. 2020. Pengembangan Bahan Ajar (LKPD) Berbasis Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Usaha Dan Energi Untuk Siswa Kelas X IPA SMAN 1 SURALAGA.

Yuliana, Dini. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ruang Lingkup Biologi dan Keanekaragaman Hayati Kelas X.

Ridzwan, M. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Solving Pada Materi Koloid Di SMAN 11 BANDA ACEH

Ibrahim, M. 2002. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Departemen Pendidikan Nasional.

Yuliati, Yuyu. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA.

Winarso, W. 2014. Problem solving, Creativity dan Decision Making dalam pembelajaran matematika.

Kusuma Nur Risnawati. 2020. Modul Pembelajaran Biologi SMA Kelas XI: Sistem Ekskresi

Aeni, Indah. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Setting Pendekatan Saintifik (Kurikulum 2013) Dalam Pembelajaran Matematika.

Purnama, Sigit. 2013 Jurnal Metode Penelitian Dan Pengembangan Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research

and Development).

Putra Nugraha. Kurikulum 2013. Modul Pengayaan.Biologi untuk SMA/MA Kelas XI semeseter 2

Published

2023-08-05

Issue

Section

Articles