PENGEMBANGAN MEDIA MATEMATIKA CHEKERBOARD BERBASIS PBL MATERI PERPANGKKATAN

Authors

  • Rifaatul Mahmudah universitas Hamzanwadi

Keywords:

Pengembangan Media Chekerboard, PBL, Perpangkatan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media chekerboard berbasis PBL yang   efektif. Penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Prosedur pengembangan dimulai dari pengumpulan data, perencanan atau desain, prosedur awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan dan revisi setelah uji coba lapangan. Analisis data bersumber dari lembar observasi, lembar validasi produk yang dikembangkan dan hasil angket. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa    dengan skor rata-rata 4,6 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,9. Data lain sebagai pendukung hasil validasi ini dapat dilihat dari hasil rata-rata respon siswa yang memberikan jawaban “baik” dengan nilai rata-rata 4,1 untuk uji coba skala kecil dan 4,3 untuk uji coba skala besar. Ini menunjukkan   pengembangan media chekerboard berbasis PBL sangat  efektif digunakan dalam mengajarkan materi perpangkatan.

References

Agus, Supriyono.(2012).Cooperative learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhar, Arsyid.(2011).Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raagrafindo Persada.

Beriman.(2013).Model Pembelajaran Maatematika di Sekolah Dasar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dian, Kustianti.(2014).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 2 Patukuki Pada Pokok Bahasan Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Kartu.(Jurnal Kreatif Tadulako Online).Volume 2, Nomer 2, Halaman 172. Diakses Pada Hari Selasa 9 Aril 2019.

Eko, Putro Widoyoko.(2010).Evaluasi Program Pembelajaran.Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani.(2011).Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia.

Hery, Setiyawan.(2017).Pembelajaran Matematika Model PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas Bidang Pada Siswa Kelas III SD.(Jurnal Education).Volume 19, Nomer 1, Halaman 9. Diakses Pada Hari Rabu 15 Mei 2019.

Miftahul, Huda.(2017).Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana, Saodih Sukmaninata.(2010).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nana, Saodih Sukmadinata.(2013).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman, dkk.(2011).Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Perada.

Sa’dun, Akbar.(2013).Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyosari, Punaji.(2012).Metode Penelitian dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siti,Nurkhotimah.(2017).Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kuwayuhan Ajaran 2016/2017.(Jurnal Education).Volume 5, Nomer 3, Halaman 257. Diakses Pada Hari Rabu 15 Mei 2019.

Sitiatava, Rizema Putra.(2012).Berbagai Alat Bantu Untuk Memudahkan Belajar Matematika.Jogyakarta: DIVA Press.

Sugiyono.(2014).Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD.Bandung: Alfabeta cv.

Sugiyono.(2018).Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD.Bandung: Alfabeta cv.

Trianto.(2013).Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Bumi Aksara.

Wiji, Suwarno.(2013).Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wina, Sanjaya.(2013).Standar Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Published

2023-08-05

Issue

Section

Articles