Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MAN 1 Lombok Timur Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Izzah Hidayati Universitas Hamzanwadi
  • Nunung Ariandani Universitas Hamzanwadi
  • Indra Himayatul Asri Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/cob.v9i1.25301

Abstract

Siswa kelas X di MAN 1 Lombok Timur memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah. Model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk membantu siswa kelas X dalam berpikir kritis. Jenis penelitian kuantitatif, metode eksperimen, rancangan Quasi Experiment NonEquivalent Control Group Design, teknik random sampling, instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen berpikir kritis Ennis, tes esai. Hasil analisa data menunjukkan thitung (2.15) > ttabel (1.67). Siswa aktif, komunikatif, dan kolaboratif saat proses pembelajaran. Penelitian berhasil menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di MAN Lombok Timur Tahun Pelajaran 2022/2023.

References

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA BIOLOGI. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas

Andriyana, H. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi SMA Berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) Terintegrasi Literasi Sains. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas MIPA. Universitas Hamzanwadi: Pancor

Azazi, A. N. 2022. Pengaruh Model Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X SMAN 19 Gowa. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah:Makassar

Creswell, J.W. dan J. D. C. 2018. Research Design Qualitative, Quatitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE

Dwijayanti, N. 2021. Pembelajaran Berbasis HOTS sebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 1(9) : 333-336

Ennis, R. H. dan Eric, W. 1985. The Ennis Weir Critical Thingking Essay Test. Pacific Grove : Midwest

Fuad, N. M, Siti, Z., Susriyati, M., dan Endang, S. 2017. Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction. 1(10) :101-116

Lestari, I. K. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kolb terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran Biologi Kleas X MA Al-Mjidiyah NW Majidi Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas MIPA. Universitas Hamzanwadi: Pancor

Maatita, A. A., and A Y.2020. Effectiveness of the application of the Group Investigation (GI) learning model method of people tutors using e-learning via online and offline in increasing learning outcome of IPA for class VIIIA students at public middle school 2 Tutuyan East Bolaang Mongondow district. Journal of Physics.p :1-4

Ningsih, F. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Mtsn Kabupaten Kerinci.Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3): 351-362

PDH. 2020. Uji Validitas dengan Butir Pearson Product Moment. Diakses melalui https://youtu.be/Wc0kK_zr88g?si=5gJQEmnySbVX29AU, pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, pada pukul 17.12 WITA

Putri, O. D., Nevrita, dan Nur, E. K. H. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro.1(10) : 14-27

Ramdani, A., A, W. J., Gunawan, S., H. dan Lalu, Z. 2019. Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Ipa Yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 5(1) : 98-108

Rahmawati, A., Sinnggih, B., DAN Subiki, S. 2020. Model Group Investigation Disertai Peta Konsep pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Webinar Pendidikan Fisika. 1(5) : 65-69

Sianturi, R. 2022. Uji Homogenitas sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan Sains, Sosial, dan Agama. 1(8) : 386-397

Turtusi, M. U. 2022. Menghitung Uji Homogenitas menggunakan Rumus Levene Test Secara Manual pada Microsoft Excel. Diakses melalui https://youtu.be/9ovffVGsnCo?si= waO7oABSiv0-yi-0, pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, pada pukul 17.12 WITA

Turtusi, M. U. 2022. Menghitung Uji Normalitas Menggunakan Rumus Shapiro Wilk Secara Manual pada Microsoft Excel. Diakses melalui https://youtu.be/4n2NXITI1n0?si= EHen9eCL3vVb87d9, pada hari Selasa, 22 Agustus 2023, pada pukul 11.23 WITA

Turtusi, M. U. 2022. Menghitung Uji Reliabilitas menggunakan Rumus Cronbach Alpha Secara Manual pada Microsoft Excel. Diakses melalui https://youtu.be/3EDDGDcoPJ0?si= WdGSMYBK4u7q7DO9, pada hari Jum’at, 20 Oktober 2023, pada pukul 17.12 WITA

Verawati, dkk. (2020). Development of the Test Instrument for Measuring Students’ Critical Thinking Abilities on Fluid Material. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 8(1), 46-56

Widyaningsih, D. 2021. Statistika Bisnis. Semarang : Yayasan Prima Agus Teknik

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles