STUDI ETNOSAINS PADA MASA KEHAMILAN MASYARAKAT SUKU SASAK

Penulis

  • mukti mukti mukti Universitas Hamzanwadi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Desa Pengadangan, kecamatan Pringgasela, kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  diskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara yang bertujuan untuk melakukan pengamatan secara langsung bagaimana proses budaya pada masa kehamilan yang dilakukan oleh masyarakat suku sasak yang ada di daerah tersebut. Peneliti merupakan instrument kunci dalam penelitian ini dalam pengumpulan data berdasarkan pengetahuan masyarakat secara mendalam. Wawancara mendalam dilakukan pada belian/dukun beranak yang ada didaerah tersebut. Hasil observasi merupakan data yang dihasilkan dari dukun beranak bagaimana prosesi budaya pada masyarakat suku sasak yang ada di Desa Pengadangan.

Referensi

Abonyi, O. S., Achimugu, L., & Njoku, M. (2014). Innovations in Science and Technology Education: A case for ethnoscience based science classrooms. International Journal of Scientific and Engineering Research, 5(1), 52–56.

Aikenhead, G., & Michell, H. (2011). Bridging cultures: Indigenous and scientific ways of knowing nature. Toronto, ON: Pearson Canada Inc.

Goodenough, W. H. (1980). Description and comparison in cultural anthropology (Vol. 1968). CUP Archive.

Hogan, J., & Holland, B. (2003). Using theory to evaluate personality and job-performance relations: A socioanalytic perspective. Journal of Applied Psychology, 88(1), 100.

L. Agus Fathurrahman. (2017). Kosmologi Sasak: Risalah Inen Paer (I). Genius.

Manuaba, A. I. C. H. (2010). Manuaba, Ida Bagus Manuaba. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan, Dan KB.

Manuaba, I. B. G. (2007). dkk. 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 45–62.

Ode, S. (2015). Budaya lokal sebagai media resolusi dan pengendalian konflik di Provinsi Maluku (Kajian, tantangan dan revitalisasi budaya Pela). Politika: Jurnal Ilmu Politik, 6(2), 93–100.

Parmin, P., Sajidan, S., Ashadi, A., Sutikno, S., & Fibriana, F. (2017). Science integrated learning model to enhance the scientific work independence of student teacher in indigenous knowledge transformation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 365–372.

Sudarmin, S. (2014). Pendidikan Karakter, Etnosains dan Kearifan Local. Semarang: Unnes Semarang.

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Articles