PENGARUH METODE INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM KELAS VII MTS NW KABAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • atmi nopita atmi stkip hamzanwadi

Kata Kunci:

INQUIRY TERBIMBING, HASIL BELAJAR KOGNITIF

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015, yaitu tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik simple random sampling dan diambil sebanyak dua kelas. Kelas VIIA sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan metode inquiry terbimbing dan kelas VIIB sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dengan metode tes. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk uji normalitas menggunakan chi-kuadrat dan untuk uji homogenitas menggunakan uji F. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t yaitu Polled varians dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal karena χ2hitung ≤ χ 2tabel, yaitu untuk kelas eksperimen 8.98 ≤ 11.07 dan untuk kelas kontrol 7.11 ≤ 11.07. Adapun untuk uji homogenitas dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen karena Fhitung< Ftabel yaitu 1.38 < 1.99. Dari hasil analisis pada uji hipotesis didapatkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena harga -thitung ≤ -t1/2α atau thitung ≥ t1/2α, yaitu 5,11 ≥ 2,0126. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh metode inquiry terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA materi ekosistem kelas VII MTs NW Kabar Tahun Pelajaran 2014/2015

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta

Aunurrahaman. 2012.Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Jauhar,Mohammad. 2011.Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Kontruktivistik.Jakarta:Prestasi Pustaka

Nashar.2004 Nashar.Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press

Ridwan, 2005.Dasar- Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, wina.2008. Strategi Pembelajaran Beriorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Pranada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus.2011. Cooperative Learning.Yogyakarta :Pustaka Belajar

Tim Penyusun.2014.Ilmu Pengetahuan Alam.Surakarta:CV Hayati Tumbuh Subur

Tim Penyusun Program Studi Biologi. 2013. Pedoman Panduan Penulisan Skripsi. Pancor

Trianto. 2009.Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

(http://sharewithlinggar.blogspot.com/2013/03/inkuiri.html)

Diterbitkan

2017-07-19

Terbitan

Bagian

Articles