PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING POLA LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Penulis

  • Nurulfajri Nurulfajri Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

biologi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Pola Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design dalam bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA NW Sikur Tahun Ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X IPA  sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IPS sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil kognitif siswa dalam bentuk essay yang berjumlah 6 soal dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 78,06 dan kelas kontrol yaitu 59,47. Uji hipotesis 1 dan 2 menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh thitung sebesar 8,41 dan 7,11. Setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,034, menunjukkan bahwa thitung (8,41 dan 7,11) > ttabel (2,045), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis 3 menggunakan analisis statistik MANOVA dengan bantuan SPSS For Windows 22 deperoleh nilai sig ke 4 tabel 0.00, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Pola Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Siswaâ€.

Referensi

Abizar, Haris.2017. Buku Master Lesson Study.Yogyakrta: DIVA Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bineka cipta.

Azwar, Saifudin. 2015. Realibilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pontianak: Alfabeta

Darmawan.(2010). Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal UPI (Online). Tersedia: http://rayapkabel.wordspress.com/ diakses (10 April 2019)

Ernawati & Efendi, 2017. Penerapan Lesson Study Pada Pembelajaran Fisika Materi Perubahan Wujud Zat . Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah. Vol. 1, No. 2, Hal.41-46.

Fatonah, Siti., & Zuhdan K Prasetyo. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hadi, Sutrisno , 2015. Metodologi Riset. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia:Bandung

Liliawati, Winny. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Disertasi Doktor. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.Tidak diterbitkan.

Putri, Atmazaki, Syahrul. (2013). Pelaksanaan Lesson Study Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.5 Mtsn Lubuk Buaya Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Vol.1, No. 1, Hal. 108-110.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.

Sinar. 2018. Metode active learning. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Statistika Untuk Penelitian. Alvabeta: Bandung.

Suprijono, 2013. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sutrisno & Wu;andari, (2018). Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA) Untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. Jurnal Aksioma. Vol. 9, No. 1, Juli 2018, Hal. 39-40.

Syamsuri & Ibrohim. 2011. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Wahyono & Hindun, (2016). Implementasi Pembelajaran Lesson Study Pada Matakuliah Genetika Lanjut. Jurnal Inovasi Pembelajaran. Vol. 2, No. 2, Hal. 401-402.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Konterporer. Jakarta: Bumi Aksara

Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara

Widyoko, Eko P. 2012. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diterbitkan

2022-01-01

Terbitan

Bagian

Articles