PENGARUH CAMPURAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM CABUT (Amaranthus tricolor)

Penulis

  • uddin uddin stkip hamzanwadi biologi

Kata Kunci:

pengaruh campuran pupuk organik terhadap pertumbuhan tanaman bayam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh campuran pupuk organik (pupuk kandang) dengan perbandingan yang berbeda terhadap pertumbuhan tanaman bayam cabut. Penelitian ini adalah jenis eksperimen yaitu untuk mengetahui perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Dalam penelitian ini perlakuannya yaitu campuran antara media tanah dan pupuk kandang dengan menggunakan perbandingan (2:1, 1:2, 2:2 dengan menggunakan media tanah sebagai control dan pupuk kandang juga sebagai kontol. dengan tiga kali ulangan, selanjutnya data diambil dengan cara observasi atau mengamati pertumbuhan tanaman dengan tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang yang dijadikan sebagai parameter pertumbuhan tanaman bayam cabut. Pengamatan tanaman sebanyak 3 kali pengamatan dengan jarak pengamatan masing-masing 7 hari setelah tanam.

 

Berdasarkan pertumbuhan (tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang) dapat dijelaskan bahwa dari analisis data untuk pertumbuhan tinggi tanaman pada umur 14 hst diperoleh F hitung

 

sebesar 221, umur 21 hst diperoleh F hitung 469, umur 28 hst diperoleh F hitung 24,4. Dengan F tabel pada kepercayaan 5% 5,14 ada pengaruh nyata, dilihat dari pertumbuhan jumlah daun pada umur 14 Hst 156, umur 21 hst diperoleh F hitung 162, umur 28 Hst diperoleh F hitung 107. Dengan F tabel pada kepercayaan 5% 5,14, ada pengaruh nyata dan dilihat pertumbuhan dari diameter batang pada umur 14 Hst diperoleh F hitung 65, pada umur 21 Hst diperoleh F hitung 128, dan pada umur 28 Hst diperoleh F hitung 62,5 dengan F tabel pada kepercayaan 5% 5,14 sudah jelas ada pengaruh nyata, sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk tinggi tanaman, jumlah daun dan diameter batang memiliki pengaruh yang nyata. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan yang berbeda, dengan menggunakan tanah sebagai control dan pupuk kandang juga sebagai control dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman bayam cabut.

Referensi

Arikunto . 2009. Rancangan penelitian. PT Rineka Cipta, Jakarta.

BP4K.2011. Bahan Organik Dan Pestisida Alami. Kabupaten lombok timur.

Selong.

Setyaningrum & Saparinto, 2011. Panen sayur secara rutin di lahan sempit.

Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Suprianti Y, Dkk. 2010. Bertanam 15 Sayuran Organik Dalam Pot. Penebar Swadaya, jakarta.

Diterbitkan

2021-02-19

Terbitan

Bagian

Articles