Pengembangan Bahan Pembelajaran Biologi Beracuan Konstruktivisme Dengan Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar

Penulis

  • Zuhri Zuhri stkiphamzanwadi

Kata Kunci:

Pengembangan, Konstruktivisme, Inquiry Terbimbing, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian pengembangan bahan pembelajaran beracuan konstruktivisme dengan inquiry terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar. Penelitian pengembangan ini mengacu kepada model pengembangan Plomp yang dimodifikasi dengan memperhatikan tiga aspek kualitas produk yang dikemukakan Nieveen terdiri dari 4 fase. Fase pertama infestigasi awal, fase kedua perancangan, fase ketiga realisasi, dan fase keempat validasi, ujicoba produk dan revisi. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa buku pedoman praktikum biologi SMP kelas VIII. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modul yang telah dikembangkan memiliki Content Validity (CV) 1,0 dengan total skor 72 dari ahli tampilan dan ahli materi sehingga dinyatakan valid. Sementara respon siswa terhadap produk yang telah dikembangkan rata-rata 90% dengan efektifitas 86,67%, Tingginya tingkat validitas, efektifitas dan respon siswa terhadap produk diikuti juga dengan meningkatnya keterampilan proses sains siswa. Sedangkan peningkatan hasil belajar menjadi 83% dengan nilai rata-rata sebesar 78 sehingga dapat disimpulkan dari hasil analisis kebutuhan diperlukan buku pedoman praktikum biologi beracuan konstruktivisme dengan inquiry terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar.

Kata Kunci : Pengembangan,       Konstruktivisme,       Inquiry     Terbimbing, Keterampilan Proses Sains

Referensi

Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Depdikas. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Kurikulum Sekolah Dasar. Jakarta:

Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta:Rineka Cipta.

Dahar, R.W. (1996). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Darsono, M., (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Depdiknas. Depdikas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas. Semiawan Conny. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Firman, H. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI

http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2269336-model-pembelajaran-Inquiry-terbimbing/ diakses pada 20 November 2014).

Kunandar, (2007). Guru Professional Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyasa. (2008). Menjadi guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif DanMenyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muslich Masnur. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasis KompetensiDan

Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nabila Zulfa, (2014). Teori Belajar Kontruktivisme. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah:JAKARTA

Nana Sudjana, (1989). Penilaian Hasil Prose Belajar Mengajar. Bandung:

Remaja Rostakarya,

Panggi, (2014). Skripsi Pengembangan Bahan Pembelajaran Biologi SMA Beracuan Konstruktivis Dengan Model Proyek Di Kelas X MA Muallimat NW Kelayu Tahun Ajaran 2013/2014. Pancor:Skripsi.

Rustaman, N.Y., dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:

Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI

Sanjaya Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi StandarProsesPendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Santoso, R.E.B, (2011). “Model Pembelajaran Inquiryâ€.Online. (http://www.ras-eko. Com / 2011 /05 /model -pembelajaran-inquiry.html diakses pada 21 November 2014)

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan RD. Bandung :Penerbit Alfhabeta

Suprijono, A. (2011).Cooperative Learning.Yogyakarta : Pustaka Pelajar

White, R. (1997). Trends In Research In Science Education. Research in Science Education, 27(2), 215-222.

Widodo, A. 2005. Analisis Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Video. Makalah Seminar Nasional Himpunan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia, Bandung

Diterbitkan

2017-02-19

Terbitan

Bagian

Articles