PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII MTS. MU’ALLIMIN NW PANCOR
Keywords:
Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC), kemampuan berfikir kritis siswa.Abstract
Kegiatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif dan masih menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini dapat menurunkan kemampuan berfikir kritis siswa dan menurunkan daya serap atau penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Maka digunakan Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan kebosanannya dalam memahami pelajaran biologi dan untuk mencapai kemampuan berfikir kritis siswa. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas viii mts. mu’allimin Nw pancor tahun pembelajaran 2013/2014 .
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain experimental design (pretest-postest control group) populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs. Mualimin NW Pancor. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa soal uraian berjumlah 5 soal. Tehnik analisis data melihat kemampuan berfikir kritis menggunakan uji prasyarat (normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis yaitu dengan uji t-test (uji-t)
Hasil penenlitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata postest pada kelas eksperiemn 77,53 dan kelas kontrol 70,92 dan hasil uji normalitasnya adalah kelas eksperimen maupun kontrol berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen nilai X2 hitung (-27,93) <X2 Tabel (11,070) dan kelas kontrol nilai X2 hitung (-56,23) <X2 Tabel (11,070). Sedangkan homogenitasnya menunjukan bahwa kedua kelompok homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,5) < Ftable (1,93). Untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. diperoleh thitung>ttable (4,166<1,874). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pelajaran biologi kelas viii mts. mu’allimin Nw pancorReferences
Costa, Athur L. (1985). Teacher Behaviors That Enable Student Thinking (in) Costa,A.L (Eds), Developing Mind: A Resource Book for Thinking. Alexandaria virginia: Association for Supervision and curiculum development.
Dimayati, mudjiono. 2006. Belajar dan pembeljaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Fisher, alec (2008).berfikir kritis. jakarta.PT Gelora Aksara Pratama
Husnul khotimah. 2009. Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang : Surya Pena Gemilang
Nashar. 2004. Pranan motivasi & kemampuan awal dalam kegiatan pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Oemar hamalik. 2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta : Bina Aksara.
Oemar hamalik. 2009. Proses belajar mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Rokhani. 2002. Cooperative integrated reading and composition sebuah alternative meningkatkan reading skill. Jakarta : Depdiknas.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung : Nusa Media.
Syaiful bahri djamarah. 2006. Startegi belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sugiono. 2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif R and D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2010. metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. bandung : Bumi Aksara.
Suprijono, agus. 2009. Cooperative learning. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.
Tim penyusun .2013. pedoman skripsi STKIP hamzanwadi. Selong : STKIP hamzanwadi.
Trianto. 2010. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta : Kencana
Wina, sanjaya. 2006. Strategi pembelajaran berorietasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencan