PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

Penulis

  • johariah johariah STKIP Hamzanwadi Selong

Kata Kunci:

Crossword Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan pada manusia siswa kelas VIII MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2015/ 2016, sejumlah  tiga         kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas eksperimen dengan media pembelajaran crossword puzzle dan satu kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal. Sedangkan untuk mengukur aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji linearitas. Adapun uji hipotesis dengan uji manova dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS IBM 22. Hasil Uji hipotesis ftabel >fhitung, sesuai dengan data yang terlihat dengan taraf signifikan yang ditentukan yakni = 0,05 > 0,00 (~). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2007. Undang-undang RI nomer 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka

Diterbitkan

2022-01-02

Terbitan

Bagian

Articles