PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Keywords:
Crossword Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi pada materi sistem pencernaan pada manusia siswa kelas VIII MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs NW Rumbuk tahun pelajaran 2015/ 2016, sejumlah tiga kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Satu kelas eksperimen dengan media pembelajaran crossword puzzle dan satu kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 30 soal. Sedangkan untuk mengukur aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji linearitas. Adapun uji hipotesis dengan uji manova dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan SPSS IBM 22. Hasil Uji hipotesis ftabel >fhitung, sesuai dengan data yang terlihat dengan taraf signifikan yang ditentukan yakni = 0,05 > 0,00 (~). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 2007. Undang-undang RI nomer 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka