PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Ratna Ratna Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar, Strategi Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Kognitif.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bentuk eksperimen dengan quasi eksperimen design tipe post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang siswa, dan kelas XB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik simple random sampling, yaitu secara acak. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda, dan tekhnik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji-t. Nilai rata-rata dari hasil tes belajar kognitif yang diperoleh dari kelas eksperimen (ð‘¥ = 79) dan kelas kontrol (ð‘¥ = 67,3). Hasil uji normalitas data kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kategori berdistribusi normal, untuk kelas eksperimen nilai X2hitung (1,981) < X2tabel (11,070), dan pada kelas kontrol nilai X2hitung (1,791) < X2tabel (11,070). Sedangkan untuk uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelompok berkategori homogen yang dilihat dari nilai Fhitung (1,35) < Ftabel (1,95). Untuk uji hipotesis diperoleh thitung (3,13) > ttabel (2,01). Dengan demikian ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui penerapan strategi Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MA Al Ilham NW Selusuh Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Referensi

Anonim. (2011). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hanafiah, Nanang & Suhana, Cucu. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran.

Bandung: PT. Refika Aditama.

Nulhakim, Lukman, & Maulida, Nurul. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 2 Cikande Dalam Konsep Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Artikel Penelitian. Volume 7. Nomor 1. Halaman 27-35. p-ISSN: 1979-7281, e-

ISSN: 2443-1281

Rasdawati. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Mengoptimalkan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Kelas IV di MIN Parigi Kecamatan Sausu. Jurnal Kreatif Tadulako. Volume 1. Nomor 4. ISSN: 2354-614X.

Sandi, Taufik. (2015). Hasil Belajar Kimia Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Nalar Pendidikan. Volume 3. Nomor 1. Halaman 205-211. ISSN: 2339-0749.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2019-02-24

Terbitan

Bagian

Articles