PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL PENYUSUN JARINGAN PADA SISTEM GERAK KELAS XI SMAN 1 JANAPRIA

Rinawati Rinawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 1 Janapria tahun pelajaran 2017/2018. Sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai acuan ketika mengajar disekolah oleh guru dan sebagai pedomaan bagi peneliti lain untuk penelitian serupa yang lebih mendalam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Posttest Control Group Design. Populasi penelitian iniadalah seluruh Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Janapria. Sedangkan sampelnya adalah 2 kelas yang terdiri dari 53 siswa, dengan 28 siswa (kelas eksperimen) dan 25 siswa (kelas kontrol).Teknik pengumpulan data dan Instrumen pada penelitian ini adalah berupa tes dalam bentuk tes essayyang terdiri dari posttestdengan jumlah soal 4 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang terdiri dari uji normalitas dengan rumus chi kuadrat,uji homogenitas varians dengan rumus F serta uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar biologi dilihat dari nilai rata- rata kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 72,56 dan 61,13.Sedangkan untuk uji hipotesis, teknik yang digunakan adalah dengan uji t Polled varians, t hitung nya adalah 2,164 dengan t-tabel sebesar 2,017. Karena t-hitung>t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa:ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwingterhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 janapria Tahun Pelajaran 2017/ 2018.


Keywords


Snowball Throwing dan HasilBelajar

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodiah. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

SISDIKNAS. 2003. Himpinan Perundang-Undang Repoblik Indonesia Tentang Badan Pendidikan Nasional.Bandung: Media Purana.

Nana Sudjana. 2009. Interaksi Pembelajaran. Bandung: Falah Production


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.