PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HIJAU TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KANGKUNG DARAT (IpomeareptansPoir)

Penulis

  • Nunung Ariandani Univeritas Hamzanwadi

Kata Kunci:

biologi

Abstrak

Kangkung darat (IpomeareptansPoir) merupakan salah satutanaman sayur yang banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat. Kangkung darat termasuk dalam family Convolvulaceae atau kangkung-kangkungan yang dicirikan dengan batang bergetah dan berlubang di dalamnya. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni sampai dengan November 2020 di kebun percobaan biologi universitas hamzanwadi. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 10 kali pengulangan sehingga didapatkan 40 satuan percobaan. Variable bebas dari penelitian ini yaitu 20 ml, 40, dan 60 ml. variable terikat dalam penelitian ini adalah pertumbuhan tanaman kangkung darat yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun dan panjang daun. Data yang diperoleh di uji normalitas dan homogenitasnya, bila hasilnya normal dan homogen maka kemudian dianalisis denganan analisis variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk hijau tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kangkung darat baik tinggi, jumlahdaun, dan panjang daun.

Kata kunci: pupuk hijau, pertumbuhan tanaman kangkung darat

Referensi

Budiyono. 2015. StatistikaUntukPenelitian. UNS PRESS. Surakarta.

Edi, Syafri. 2014. PengaruhPemberianPupukOrganikTerhadapPertumbuhan Dan Hasil Tana-manKangkungDarat (IpomeareptansPoir). Vol. 3. No. 1.

Nissa, K,A. 2016. PengaruhPupukHijauCrotalaria mucronata dan C juncea Pada Pertumbu-han Dan Hasil TanamanKedelai (Glycine max L. merril). Vol. 4. No. 8.

Nugroho, Agung, Y dkk. Kajian PenambahanBeberapaPupukHijau Dan PengaruhTerhadap-PertumbuhanTanamanSelada (Lactuca sativa. L). Vol. 3. No. 2.

Pary, Cornelia. 2015. PengaruhPupuk Organic (DaunLamtoro) DalamBerbagaiKonsentra-siTerhadapPertumbuhanTanamanSawi. Vol. 7. No. 2.

Roidi, Alfi, A. 2016. PengaruhPemberianPupukCairDaunLamtoro (Leucaena leucocephala) TerhadapPertumbuhan Dan ProduktivitasTanamanSawiPakcoy. Skripsi. Yogyakarta.

Santos, Dos, I, P dkk. 2017. PengaruhDosis Dan Waktu AplikasiPupukHijauDaunLamtoro (Leucaena leucocephala) TerhadapSipat Kimia Tanah Dan Hasil TanamanJagung (Zea Mays) Di SucoMauboke, DistrikLiquica Timor Leste.

Simarmata, Hendra. 2017. PerbanyakanKangkung Lombok (Ipomeareptans. Poir) Me-laluiStekDalamBerbagaiKomposisi Media Tanam.

Simangunsong, Deflin, S dkk. 2018. Kajian Pertumbuhan Dan ProduksiTanamanKangkung (IpomeareptansPoir) TerhadapPemberianBerbagaiJenisPupukOrganik Dan Pupuk N. vol. 14. No. 2.

Widadi, Matep, E. 2018. ResponPertumbuhan Dan Hasil TanamanKangkungDarat (IpomeareptansPoir) Terhadap Volume Pemberian Air Dan Kombinasi Media Tanah Dan ArangSekam.

Diterbitkan

2020-01-07

Terbitan

Bagian

Articles