PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NW SUKARARA TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Penulis

  • Indra Himayatul Asri Universitas Hamzanwadi
  • sarwati sarwati Universitas Hamzanwadi
  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Numbered Head Together, Hasil Belajar Kognitif

Abstrak

Pendidikan memiliki peran sentral dalam perkembangan pembangunan dan salah satu aspek untuk meningkatkan sumber daya manusia. Permasalahan yang masih ada dalam dunia pendidikan yakni masih rendahnya hasil belajar kognitif siswa khususnya pada mata pelajaran biologi sehingga membutuhkan suatu tindakan yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu salah satunya dengan mengubah proses pembelajaran yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA NW Sukarara Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design.  Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X semester I yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS sebagai kelas kontrol menggunakan tekhnik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif dalam bentuk tes essay yang berjumlah 8 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 72 dan kelas kontrol yakni 67,65. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 1,61. Setelah dibandingkan dengan ttabel 1,49, maka thitung 1,61>ttabel 1,49, sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Penerapan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMA NW Sukarara Tahun Ajaran 2017/2018.

Referensi

Adyana, G.M., Parmiti, D.P., dan Sumantri, M.(2015). Pengaruh Model Kooperatif Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, Nomor 1.

Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bineka cipta.

Azwar, Saifudin.(2015). Realibilitas Dan Validitas. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Darmayoga, I.W., Lasmawan, I.W., dan Marhani, A.A.I.N.(2013). Pengaruh Implementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar.E-journal Pendidikan Ganesha.Volume 3.

Fathurrahman, Pupuh & Sutikno, Sobry.(2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hamdani.(2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka setia.

Huda, Miftahul.(2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hutahaean, J., & Ratna S. D.(2014). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Semester 2 Pada Materi Pokok Fluida Statis di SMA Negeri 10 Medan.Jurnal Inpafi. Volume 2, Nomor 4, hal.61-67.

Icha, Margarita M., Kurniasih, D., & Fitriani.(2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Mind Map Terhadap Kemampuan Multipelrepresentasi Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah.Volume 5, Nomor 2, hal.195-203.

Irnaningtiyas.(2014). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Isjoni.(2012). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Komalasari, K.(2013).Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Latipah, H.W., dan Adnan.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Fiksasi Fasilitas Dan Lingkungan Kantor Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1, Nomor 2, hal.125-137.

Munirah. (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Auladuna. Volume 2, Nomor 2, hal. 233-245

Prahita, N.P.S., Jampel, I.N., dan Sudhato, I.G.W.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV.E-jurnal Pendidikan Ganesha.Volume 2, Nomor 1.

Pribadi, A. Benny. (2009). Model Pembelajaran Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Priadi, A., dan Herlanti, Y.(2016). Biologi SMA Kelas X. Penerbit: Yudhistira.

Putra, D.P., dan Rahmawati, L.(2013). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Program Dilihat Dari Teknik Digital di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 2, Nomor 2, hal.467-473.

Slameto.(2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2014). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A.(2013).Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyono & Hariyanto.(2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tandowala & Hanry.(2012). Pengembangan Tes Objektif Pilihan Ganda Berbasis Taksonomi Anderson Dan Karthwol Untuk Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Tessis tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto.(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto.(2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisik. Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Widyoko, Eko P.(2012). Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Articles