PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Penulis

  • Indra Himayatul Asri Universitas Hamzanwadi
  • Sarwati Sarwati Universitas Hamzanwadi
  • Yuniar Lestarini Universitas Hamzanwadi
  • zalia muspita Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukamulia Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimental design dalam bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukamulia Tahun Pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 162 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling. Kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IPA 3 sebagi kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes keterampilan proses sains siswa dalam bentuk essay yang berjumlah 7 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 79,24 dan kelas kontrol yaitu 67,66. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf signifikan 5% yaitu diperoleh thitung sebesar 4,445. Setelah dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,013 menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (4,445>2,013), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Sukamulia Tahun Pelajaran 2017/2018â€.

Referensi

Acesta, Arrofa. (2014). Pendekatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa. (Online). Tersedia: http://Unissula.ac.id/index.php/pendas/article /view/743. (12 Maret 2018).

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiyono, Agus., & Hartini. (2016). Pengaruh Model Pmbelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, Volume 4, Nomor 2, hal. 141-149. Tersedia di: http://jurnal.uim.ac.id/index.php/fkip/article/download/185/ 163. (22 Maret 2018).

Ilahi, Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jojakarta: DIVA Press.

Ilmi, Abrari Nur Aan., Indrowati, Meti., dan Probosari, Riezky Maya. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. Volume 4, Nomor 2, Hal. 44-52. Tersedia di: http://jurnal.uns.ac.id/12316/1/1415-3147-1-SM.pdf. (22 Maret 2018).

Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kistinnah, Indun., & Lestari, Endang Sri. (2009). Biologi 1 Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: CV. Putra Nugraha.

Mulyono. (2012). Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press.

Ningsih, Ratmita. (2015). Pengaruh Pendekatan Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Tanggung Jawab Siswa Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem Kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal EduSains. Volume 3, Nomor 2, hal. 149-160. Tersedia di: http://e-journal.iain-palangkaraya. ac.id/index.php/edusains/article/view/338. (22 Maret 2018).

Nuh, Usep. (2012). Model Pembelajaran Experimental Kolb. Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains, dan Materi Hukum Newton. (Online). Tersedia: http://repository.upi.edu/operator/. (Kamis, 22 Februari 2018).

Persada, Alif Ringga. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 2 Sindangagung Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Segiempat). Jurnal EduMa, Volume 5, Nomor 2, hal. 23-33.

Pratiwi, Anggi. (2012). Keterampilan Proses Sains Dan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. (Online). Tersedia: http://repository.upi.edu/Operator

/. (Kamis, 22 Februari 2018).

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sari, Putri Iman., Gunawan., & Harjono, Ahmad. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 2, Nomor 4, hal. 176-182.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, Eva., Jamhari, Mohamad Jamhari., dan Suleman, Samsurizal M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Tentang IPA SMP Advent Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. Volume 5, Nomor 3, hal. 36-41. Tersedia di: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/JSTT/article/download/6979/5616. (22 Maret 2018).

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tandowala & Hanry. (2012). Pengembangan Tes Objektif Pilihan Ganda Berbasis Taksonomi Anderson Dan Karthwol Untuk Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Tessis tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Taufiq, M., dan Dasniati. (2018). Upaya Meningkatan Keterampilan Proses Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya. Jurnal Pendidikan Almuslim, Volume 6, Nomor 1, hal 49-53. Tersedia di: http://jurnal.fkip.umuslim.ac.id/ index.php/jupa/article/view/337. (22 Maret 2018).

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliana. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan pembelajaran PPs Universitas pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1, hal. 21-28.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Articles