STUDI KARAKTERISASI MORFOLOGI ASTEROIDEA DI PESISIR PANTAI GILI GEDE

Authors

  • Ahmad Maulidin Khalid Universitas pendidikan mandalika

Keywords:

Asteroidea, Identifikasi, Protoreaster nodosus, Linckia laevigata, Echinaster luzonicus

Abstract

Asteroidea merupakan salah satu dari keragaman fauna di daerah Gili Gede yang sangat berperan penting dalam menjaga ekosistem pantai. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi karakterisasi morfologi Asteroidea di pesisir pantai Gili Gede yang dikemas dalam bentuk buku asistensi praktikum Sistematika Invertebrata. Subyek penelitian ini adalah Asteroidea Dari Filum Echinodermata . Obyek penelitian ini terbatas pada kajian tentang studi karakterisasi morfologi Asteroidea. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode jelajah (cruise methods) dengan menjelajahi daerah pesisir pantai Gili Gede pada titik yang telah ditentukan berdasarkan habitat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentsi. Parameter mikroklimat yang diukur (salinitas, suhu dan kelembaban). Pengambilan sampel dilakukan di Gili Gede dan identifikasi morfologi di Laboratorium Biologi FSTT. Berdasarkan hasil identifikasi, Asteroidea yang teridentifikasi yaitu Protoreaster nodosus (6 indvidu), Linckia laevigata (19 individu) dan Echinaster luzonicus (3 individu). Protoreaster nodosus dan Echinaster luzonicus diketemukan di habitat padang lamun sedangkan Linckia lavigata diketemukan di habitat substrat pasir dan terumbu karang. Berdasarkan identifikasi morfologi yang diamati (warna, lingkar tubuh, panjang lengan, madreporit, lingkar kanal pusat dan spikula). Diketemukan Protoreaster nodosus memiliki warna putih dan hitam dibagian spikula dan ujung lengan, lingkar tubuh massive; Linckia laevigata berwarna biru dan lingkar tubuh non-massive; Echinaster luzonicus memiliki warna hitam dibagian dorsal dan oranye dibagian ventral dengan lingkar tubuh non-massive; terdapat satu madreporit disetiap spesimen. 

References

Afifah.N.H. 2018. Identifikasi Tumbuhan Paku Di Kawasan Hutan Gunung Butak Sebagai Sumber Belajar Biologi. (https://prints.umm.a.id, diakses 20 Juni 2021)

Ariyanto. P. T., 2016. Keanekaragaman Dan Kelimpahan Echinodermata Di Pulau Barrang Lompo Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. (http://repositori.uin-alauddin.ac.id, diakses 12 Oktober 2021)

Bessisura.F.S.,2018. Keanekaragaman jenis asteroidea pada daerah inertidal pantai abat, desa jenilu,kecamatan kekuluk mesak, kabupaten belu. (http://repository.unwira.ac.id, diakses 29 November 2021)

Eman.I.A., Kaligis.Y.E., Sinjal.L.A.C., Wagey.T.B. 2021 Keanekaragaman Dan Kepadatan Echinodermata Dan Asteroidea Di Rataan Terumbu Karang Perairan Tongkainadan Bahowo Kota Manado. (https//ejournal.unsrat.ac.id, diakses 17 Desember 2021)

Jalaludin dan Ardeslan (2017). Identifikasi Dan Klasifikasi Phylum Echinodermata Di Perairan Laut Desa Sembilan Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue. Jurnal Biology Education.Vol.6. No.1. (https://ojs.serambimekkah.ac.id, 26 Mare 2021)

Khairunnisah. 2019. Identifikasi Bintang Laut Pada Kawasan Pesisir Pantai Awang Kabupat-en Lombok Tengah

Mappetahang.K.K,. Annawaty. Supono,. 2018. Jenis-jenis Bintang Laut (Echinodermata : As-teroidea) I Perairan Pulau Busuk Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. (https://fahut.unted.ac.id, diakses 15 Juli 2021)

Mbana.R.Y.,Daud.Y.,Bullu.i.n. 2020. Keanekaragaman Bintang Laut (Asteroidea) Di Pantai Lamalaka Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Vol 3. No. 2. (http://junal.pedidikanbiologiukaw.ac.id, diakses 1 September 2021)

Ningih.Z.R., Taib.N.E., Agustina.E. 2018. Karakteristik Filum Echinodermata Di Pulau Dua Kabupaten Aceh Selatan. prosiding seminar nasional biotik. (https://repository.ar-ranniry.ac.id, diakses 16 Maret 2021)

Patty.I.S, dan Akbar.N. 2018. Kondisi Suhu, Salinitas, Ph dan Oksigen Terlarut di Perairan Terumbu Karang Ternate, Tidore dan Sekitarnya. (https://core.ac.uk, diakses 19 Oktober 2021)

Rumasoreng.S., 2020. Kepadatan Dan Keragaman Bintang Laut (Asteroidea) Di Perairan De-sa Waai Kabupaten Maluku Tengah. (http://repository.iaainambon.ac.id, diakses 19 April 2021)

Wahida N. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wiata Di Desa Gili Gede Indah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. (http://repository.ummat.ac.id, Diakses 5 Maret 2021)

Downloads

Published

2021-12-31