PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DISERTAI MIND MAP PADA MATERI JAMUR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • Tutik Fitri Wijayanti Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sukron Sukron Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Suyud Abadi Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

problem solving, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), mind map, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik disertai mind map pada materi  jamur terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan. Metode  yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini diperoleh dari perhitungan uji t berpasangan (Paired Sample t-Test) pada kelas eksperimen dengan (α = 0,05) didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Nilai korelasi pada tabel Paired Sample Correlations yang diperoleh dari nilai pretes dan postes peserta didik kelas eksperimen adalah 0,2592= 0,05 (5%), sehingga 5% model pembelajaran problem solving berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik disertai mind map berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan.

References

Adi, W. C,. Suratno,. & Iqbal, M. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Sains. 4 (4): 130-136.

Andayani, S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung. https://bit.ly/3Jmm0Ay

Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.

Arfiyani, A.Y., Haryono, & Mulyani, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Peserta didik Kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(1), 111-116.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (Lks) Berbasis Pendeka¬tan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang. 2 (1): 88-92.

Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamiyah, & Jauhar, M. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kurnia, G. (2015). Pengembangan Alat Asesmen Keterampilan Menulis Menggunakan Teknologi Komputasi Awan pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung. Skripsi, UPI Bandung.

Lubis, J.A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 291-295.

Meilinda, R.A. (2021) Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Selopuro 2 Pitu Ngawi Tahun Pelajaran: 2020-2021. Skripsi, IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/15230/

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Fokus. (Online) ( https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015- results-in-focus.pdf).

Prasetyoningrum, R., Sukardjo, J.S & Nurhayati, N.D. 2014. MODEL Pembelajaran Problem Solving Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3 (3)

Prastowo. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Jogjakarta: Diva Press

Putra, M.D.M.P., Putra, M., & Suara, I.M. (2014). Model Pembelajaran Problem Solving Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1): https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2040

Sari, H., Yeni, L.F., & Wahyuni, E.S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas X. Biologi FKIP Untan, 6(4), 1-15.

Septia, P. (2021). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Mukomuko. Skripsi, IAIN Bengkulu. https://bit.ly/3d0rrZO.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cifta

Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sulasmono, B. (2012). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155-166.

Suminto. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving Pada Materi Pokok Lingkaran. Jurnal E-Dumath. Pendidikan Matematika, STKIP Muhammadiyah Pringsewu. I (1).

Trianing, D.M., Haryono., & Nurhayati N. 2012. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Peserta didik Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Jurnal Pendidikan Kimia. 1 (1).

Yuniati, S. 2013. Peta Konsep (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Struktur Aljabar. Gamatika. 3 (2).

Published

2022-08-13

Issue

Section

Articles