PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS, MOTIVASI BELAJAR, DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTS. MU’ALIMAT NW PANCOR

Authors

  • zalia puspita
  • Marlina Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.157

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan, model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, dan hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs. Mu’alimat NW Pancor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Data penelitian dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kritis, angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar IPS siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaarn berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII MTs. Mu’alimat NW Pancor. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaarn berbasis masalah terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs. Mu’alimat NW Pancor. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaarn berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS  siswa kelas VII MTs. Mu’alimat NW Pancor. (4) Terdapat pengaruh secara simultan penerapan model pembelajaarn berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, motivasi dan hasil belajar IPS  siswa kelas VII MTs. Mu’alimat NW Pancor.

 

Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, hasil belajar IPS.

Published

2015-12-20

Issue

Section

Artikel