PENGEMBANGAN MODEL PMBELAJARAN DAN BAHAN AJAR IPS TERPADU YANG TERINTEGRASI DI SMP KOTA SELONG

Authors

  • Syahrul Amar
  • Abdul Rasyad
  • Suhartiwi Suhartiwi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan : 1)  model pembelajaran IPS Terpadu yang terintegrasi dan bahan ajar IPS Terpadu yang terintegrasi di SMP. Pengembangan  Model pembelajaran dan Bahan ajar IPS Terpadu yang terintegrasi yang dihasilkan diharapkan mampu memberikan solusi bagi guru dan siswa dalam mengintegrasikan materi ajar IPS secara terpadu serta menambah wawasan siswa dalam kajian antar ilmu dalam lingkup IPS.  

Rancangan penelitian menggunakan rancangan analisis pengembangan yang meliputi: 1) analisis kebutuhan model pembelajaran dan bahan ajar IPS Terpadu yang terintegrasi; dan 2) merancang model pembelajaran dan bahan ajar IPS Terpadu yang terintegrasi dan; 3) validatas ahli.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa SMP Kota Selong mengalami kesulitan menghubungkan dan mengintegrasikan materi ajar IPS Terpadu. Guru belum mampu menyampaikan materi ajar secara integral antara materi sejarah, ekonomi geografi dan sosiologi. Kondisi ini berpengaruh pada rendahnya wawasan siswa terhadap interdisipliner keilmuan IPS. Guru dan siswa mengharapkan adanya Model pembelajaran dan bahan ajar yang terintegrasi. Penelitian ini menghasilkan Model pembelajaran dan bahan ajar IPS terpadu yang terintegrasi. Hasil penelitian juga menunjukkan model pembelajaran dan bahan ajar yang telah dibuat tergolong kriteria sangat baik dan relevan dalam pembelajaran berdasarkan uji validatas ahli.

 

Kata kunci : Model pembelajaran, bahan ajar, IPS Terpadu, Terintegrasi

Published

2015-12-20

Issue

Section

Artikel