Pengaruh Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Observasi Gejala Fisis Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa

Authors

  • Tsamarul Hizbi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.161

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MA Muallimat NW Pancor tahun pembelajaran 2014-2015, bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis observasi gejala fisis melalui metode eksperimen dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan analisis siswa, 2) Pengaruh sikap ilmiah terhadap kemampuan analisis siswa, 3) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan analisis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan factorial design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2 yang diambil dengan teknik Cluster random Sampling. Teknik pengumpulan data kemampuan analisis siswa menggunakan metode tes obyektif pilihan ganda berjumlah 20 soal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji variansi dua jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat; 1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis observasi gejala fisis melalui metode eksperimen dan inkuiri terbimbing terhadap kemampuan analisis siswa, 2) Tidak terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap kemampuan analisis siswa, 3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan analisis siswa.

 

Kata kunci:    Pembelajaran berbasis observasi gejala fisis, metode eksperimen, Inkuiri Terbimbing, kemampuan analisis dan Fluida.

Published

2015-12-20

How to Cite

Hizbi, T. (2015). Pengaruh Metode Eksperimen Dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Observasi Gejala Fisis Dan Sikap Ilmiah Terhadap Kemampuan Analisis Siswa. Educatio, 10(2), 298–315. https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.161

Issue

Section

Artikel