Pengembangan Model Pembelajaran Mahasiswa Aktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS

Authors

  • Burhanuddin Burhanuddin

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran mahasiswa aktif dengan pendekatan kontekstual pada mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Hamzanwadi Selong. Produk yang dikembangkan berupa Buku model pembelajaran mahasiswa aktif dengan pendekatan kontekstual dan perangkat pembelajaran yaitu: Bahan Ajar Mahasiswa, Satuan Acara Perkuliahan, dan Tes hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hamzanwadi Selong pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa semester IV PGSD dengan sampel sebanyak dua kelas. Hasil penelitian yang hasil penelitian diperoleh Data kevalidan produk awal diperoleh nilai rata-rata 4,00 dinyatakan “Validâ€. Kepraktisan model pembelajaran diperoleh melalui dua unsur yaitu: a) kriteria kepraktisan menurut penilaian ahli/praktisi dan diperoleh nilai rata-rata 3,91 dinyatakan pada kriteria “Tinggiâ€, dan b) kriteria kepraktisan secara operasional di lapangan dengan observasi, diperoleh nilai rata-rata 3,11 dinyatakan pada kriteria “Cukupâ€. Data keefektifan model pembelajaran menurut ahli rata-rata 3,88 dinyatakan pada kriteria “Tinggiâ€. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran sekitar 85% mahasiswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model yang dikembangkan. Hasil belajar yang diperoleh mahasiswa yaitu 84% mahasiswa memperoleh nilai lebih besar dari 60.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, mahasiswa aktif, dan pendekatan kontekstual.

Published

2015-12-20

How to Cite

Burhanuddin, B. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Mahasiswa Aktif dengan Pendekatan Kontekstual Pada Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS. Educatio, 10(2), 400–417. https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.167

Issue

Section

Artikel