KONTRIBUSI KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII MTs MU’ALLIMIN NW PANCOR (Studi Persepsi Para Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor )

Authors

  • Deni Siregar

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v10i2.171

Abstract

Penelitian ini bertujuan mencari kontribusi “ kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran (X1), dan motivasi belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar IPS (Y) siswa, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Melalui teknik  proportional random sampling, jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 127 orang, penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data di kumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel bebas dan dokumentasi untuk variabel terikat, kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat  kontribusi yang  signifikan X1 terhadap Y dengan á¿©=29,192+0,502Xdengan F reg = 42,013 > FTabel = 8,89 (2) terdapat kontribusi yang signifikan X2 terhadap Y dengan á¿©=76,485+0,327X2 dengan F reg =14.969 > FTabel = 8,89  (3) terdapat kontribusi secara simultan yang signifikan X1, X2, dan X3 terhadap  Ydengan á¿©=11,662+0, 449X1+0,514 X2 dengan Freg = 26,717 > FTabel = 8,89,  determinan sebesar 30,10 %, SE  X1 = 16,50%, dan  X2 = 14,50 %.  Berdasarkan hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan baik secara terpisah maupun simultan antara kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran , dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor.

 

Kata Kunci: Kinerja Guru dalam Mengelola Proses Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar IPS Siswa.

Published

2015-12-20

Issue

Section

Artikel