Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Evaluasi CIPP

Authors

  • Baiq Aryani Novianti (Scopus ID: 57216409248, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi https://orcid.org/0000-0003-1347-7476
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.19738

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, Model evaluasi CIPP, Konteks, Input, Proses, Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa konteks pembelajaran berdiferensiasi, termasuk lingkungan sekolah dan dukungan administrasi, memainkan peran penting dalam keberhasilan implementasi. Faktor input seperti kurikulum yang relevan, materi pembelajaran yang disesuaikan, sumber daya yang memadai, dan keterampilan guru dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi juga berperan penting. Proses pembelajaran berdiferensiasi melibatkan penggunaan strategi pengajaran yang beragam dan interaksi guru-siswa yang aktif. Hasil belajar siswa, termasuk pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, partisipasi aktif, dan rasa percaya diri, meningkat sebagai produk dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kontekstual, input yang tepat, proses yang efektif, dan produk yang positif dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya komitmen dari semua pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan memberikan dukungan yang memadai bagi guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi

Author Biography

Baiq Aryani Novianti, (Scopus ID: 57216409248, Subject Area: Physics Education), Universitas Hamzanwadi

References

Astiti;, K. A., Supu;, A., Sukarjita;, I. W., & Lantik;, I. (2021). Pengembangan Modul IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS (JPPSI), 4(2), 112–120

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIPP (Context, Input, Process Dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20

Fitra, Devi Kurnia; (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140.

Kadek, N., Kumari, I., Keluarga, P. K., Pura, U. D., Keluarga, P. K., Pura, U. D., Baik, A., & Sekolah, M. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Manajemen Sekolah Menggunakan CIPP Pada Tiga SMK Pariwisata. Media Edukasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 74–86.

Laia, I. S. A., Sitorus;, P., Surbakti;, M., Eka, Simanullang;, N., Tumanggor;, iossally M., & Silaban;, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 314–321.

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), hal. 12

Limas Dodi, Metodologi Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2015), 11.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1).

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang

Muharram, N. (2016). Evaluasi Program Latihan Fisik Sepakbola Menggunakan Metode CIPP. Jurnal Efektor, 3(1), 36–44. https://doi.org/doi.org/10.29407/e.v3i1.204

Munandar, A. (2017). Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (hal. 130-143). Aula Handayani IKIP Mataram

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012), hlm. 94

Pradhana, S. K. A., & Roesminingsih, E. (2020). Implementasi Model Cipp Pada Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(4), 898– 907.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Syamsir Kamal, ―Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai,‖ JULAK, Jurnal Pembelajaran Dan Pendidik 1, no. September (2021): hal. 89–100

Tokmak, H. S., Baturay, H. M., & Fadde, P. (2013). Applying the context, input, process, product evaluation model for evaluation, research, and redesign of an online master’s program. International Review of Research in Open and Distance Learning, 14(3), 273–293. https://doi.org/10.19173/irrodl.v14i3.1485

Utami Munandar, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, 3rd ed. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009). Hal. 139

Wanda Khairunnisa, ―Artikel Pembelajaran Berdiferensiasi,‖ 2016.hal. , http://wandakhairunnisa.blogspot.com/2016/12/artikel-pembelajaran- berdiferensiasi.html.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682–689.

Published

2023-12-17

How to Cite

Novianti, B. A., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Educatio, 18(2), 233–243. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.19738