Penerapan Metode Team Quiz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Pada Siswa Kelas X-F SMA Labschool Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.21467Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Team Quiz, Sejarah IndonesiaAbstract
Tantangan menciptakan pembelajaran Sejarah Indonesia yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik masih terus di-upayakan. Asumsi negatif tentang pembelajaran Sejarah Indonesia oleh peserta didik menjadi persoalan yang harus dihilangkan mengingat urgensi pendidikan sejarah yang faktanya sangat penting untuk peserta didik. Penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi serta merefleksikan penerapan metode team quiz guna mengoptimalkan hasil belajar sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta, sehingga diharapkan riset ini menjadi solusi inovatif untuk mengoptimalkan hasil kajian Sejarah Indonesia siswa dikelas X-F Sekolah Menengah Atas Labschool Jakarta. Riset ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dikerjakan dua siklus. Hasil temuan menyatakan siklus satu hasil belajar siswa hanya memperoleh persentase 38,23%. Kemudian siklus dua hasil belajar siswa memperolehi presentase 82%. Kesimpulan riset yaitu metode ini berhasil mengoptimalkan hasil kajian sejarah Indonesia siswa dikelas X-F Sekolah Menengah Atas Labschool Jakarta.
References
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Chronologia: Journal of History Education, 2(1), 30–35. https://doi.org/10.22236/jhe.v2i1.5502
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Bumi Aksara.
Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196
Hidayanti, P. N. , & W. E. (2021). Literasi Digital: Urgensi dan Tantangan dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 155–162. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.39203
LN, S. Y. , & S. N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. PT Raja Grafindo Persada.
Maharani, D. A. M. , R. I. , & S. S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151–158.
Mustofa, T. , M. I. A. , & P. H. (2021). Penerapan Metode Team Quiz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 8(1), 84–95.
Mutakin, M. D. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa menggunakan Metode Team Quiz pada Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 4. https://journals2.ums.ac.id/index.php/sosial/index
Nazmi, R. (2019). Urgensi Pendidikan Sejarah di Era Milenial. Seminar Nasional Sejarah Ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 324–331.
Norniati. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(5), 375–383. https://doi.org/10.55681/armada.v1i5.527
Pahlawati, E. F. , & W. E. H. (2023). Penerapan Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 8(1), 8.
Parnayathi, I. G. A. S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 4(4), 473–480. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Wisudayanti, K. A. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Wadah Pembentuk Calon Pendidik yang Berkarakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi