Pemahaman Membaca Siswa Pada Pembelajaran dengan Metode KWL

Authors

  • Alfan Hadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat NTB

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.22770

Keywords:

Know-Want-Learn (KWL); Students' Reading Comprehension

Abstract

This study aims to determine the effect of Know-Want-Learn (KWL) method to improve students' reading comprehension. This type of research is a quasi-experiment design with One Group Pretest-Posttest Design. The samples in this study were all students of class IXA and IXB MTs. Attarbiyah Addiniyah Gersik Kediri West Lombok Study Year 2023/2024 which amounted to 52 students. Data collection methods in this study are as follows: reading comprehension ability rubric which consists of 4 aspects, namely the ability to capture the content of the reading, the ability to summarize the reading, the ability to answer questions based on the content of the reading, and the ability to retell the content of the reading the data analysis technique uses the paired sample t-test formula. Based on the results of data analysis and discussion in the study, it can be concluded that, "There is an effect of Know-Want-Learn (KWL) method to improve students' reading comprehension". This can be seen from the results of hypothesis testing conducted by researchers based on the results of the comparison of tcount with ttable, namely on students' reading comprehension ability obtained a tcount value of 8.821 with a significant level of 5%, which causes it to be rejected. Based on the results of the study, it can be suggested to teachers or prospective teachers to carry out alternative learning and must be adapted to the material to be conveyed so that students' abilities and competencies are well achieved. By using Know-Want-Learn (KWL) which can affect students' reading comprehension.

Author Biography

Alfan Hadi, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat NTB

-

References

Agnel, P dan Saino. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan MotIXasi Belajar Peserta didik pada Mata Diklat Pelayanan Prima di Kelas X-PM 2 SMKN 2 Blitar. Skripsi, UnIXersitas Negeri Surabaya.

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asipi, L. S. (2020). Penggunaan Strategi KWL (Know-Want-Learn) Terhadap Pembelajaran Membaca Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas X SMK Al–Washliyah Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 150-162.

Bakhtiar, A. 2012. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daroah. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Media Audio Visual”, (Skripsi, PGSD Unnes, Semarang, 2018)”

Devi, L. 2018. Metode Bermain Peran dalam Pembela jaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Al-Hidayah Centong Purworejo Sanan Kulon Blitar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Dwi, S, A. 2017 Pengaruh Metode Simulasi Role Playing terhadap Hasil Pembelajaran Biologi Kelas X di SMAN I Balong Ponorogo Th Ajaran 2006/2007. Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Djamarah, S, B. 2015. Guru Dan Pesersta didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fauziddin, M. 2017. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang”. Jurnal Obsesi Vol.1 No.1, (2017).

Felin, S., Yuliwati, Y., & Astuti, S. (2021). Using Kwl (Know-Want-Learn) Technique to Improve Students' Reading Comprehension. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 160-168).

Gangel. 2018. Teaching Through Role Playing. Jakarta: e-bina anak.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis MultIXariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit UnIXersitas Diponegoro: Semarang.

Hamalik, O, 2008. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Hudaria, S. P. I. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Aspek Membaca Dengan Menerapkan Strategi Kwl (Know-Want To Know-Learned) Pada Siswa Kelas Xi IPA 1 Semester 1 SMAN 4 Bengkalis TP 2019/2020. Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif, 5(1), 42-68.

Julia. H. 2019. “Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Bahasa Anak di Sekolah Dasar Bandar Lampung”. UnIXersitas Islam Negeri Raden Intan, 2019.

Kemendikbud, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Kurdi, S dan Abdul, A. 2016. Model Pembelajaran Efektif di SD dan MI. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Maritnis, Y. 2017. Profesionalisme Guru dan Implementasinya. Jakarta: Gaung Persada Press.

Marno, I, 2009. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mayke S. 2003. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Grasindo.

Mekarningsih, N, K,A, Wirya, I, N, dan Magta, M. 2015. “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Berbahasa Lisan Pada Anak” Jurnal PGSD Vol. 3 No.1 UnIXersitas Pendidikan Ganesha tahun (2015).

Meti, S. 2017. ActIXe Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Mukatiatun, S. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa Melalui Media Audio Visual”, 2 (2018).

Mulyasa. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UIN Maliki Press.

Narsih, D., Widiati, S. W., & Nimashita, H. Pengaruh Metode Kwl (Know, Want To Know, Learned) terhadap Pembelajaran Dokkai Tingkat III Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Riau University).

Nasution, T, A. 2018. Pengaruh Permainan Kartu Huruf terhadap Pengenalan Bentuk Huruf pada Anak di SD 5 Medan, (Medan: UnIXersitas Negeri Medan, 2018)

Purwanto. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda. Karya.

Rahmi, A. 2050. Pengaruh Metode Role Playing terhadap MotIXasi Belajar IPS Peserta didik Kelas V SDN Pekayon Bekasi Jawa Barat. Skripsi, UnIXersitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jenjang Pendidikan S1.

Roestiyah N.K., 2021. Masalah Pengajaran Sebagai Sistem. Rineka Cipta: Jakarta

Rosmiati, M. 2012. Penerapan Metode Bermain Peran (Rele Playing) dalam Peningkatan Katerampilan Membaca Peserta didik Kelas V MI Pangkalan Kota Sukabumi. Skripsi, UnIXersitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Kependidikan Islam, Prodi Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jenjang Pendidikan S1.

Rusniah. 2016. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Indonesia Siswa Melalui Penggunaan Metode Bercerita Pada Kelompok A di Taman Kanak-kanak Malahayati Neuhen Tahun Pelajaran 2015/2016” Jurnal Edukasi p-ISSN: 2460-4917 e-ISSN: 2460-5794 (2016).

Safitri, M. 2015. Pengaruh Metode Role Playing (Bermain Peran) Terhadap hasil belajar kognitif peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN Cempaka Putih 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UnIXersitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, S1.

Sardiman A. M, 2007. Interaksi dan MotIXasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Radja Grafindo.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salik, A, Y. 2019. Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan

di SDN 4 Surabaya, (Surabaya: UnIXersitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Sari, L, P, E, Ardana, I, K dan Putra, DB. Kt, N, S. 2016. “Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Anak, 4.1 (2016).

Suaib, Z, R. 2019. “ EfektIXitas Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Anak Kelas IX SDN 70 Boddia Kecamatan Galesong Kabupaten Talakar,” Skripsi

Sugiyono. 2017. Metodeologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2050. Proses Belajar-Mengajar Di Sekolah. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Sutomo. 2013. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Syafi’ah, I. 2008. Manfaat AktIXitas Bermain pada Anak Menu rut Tinjauan Psikologi. Majalah Annida.

Syamsu, Y, LN, 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.

Utami, D, C. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Huruf terhadap

kKemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Rajasa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017, (Bandar Lampung: UnIXersitas Lampung.

Wulandari, A. 2016. “Penggunaan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Anak Autis Kelas III SD DI SLB Rela Bhakti I Gamping,” WIDIA ORTODIDAKTIKA, vol. 5, no. 6, pp. 560–571, 2016.

Zuhairini, dkk. 2013. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Hadi, A. (2024). Pemahaman Membaca Siswa Pada Pembelajaran dengan Metode KWL. Educatio, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.22770