Pengaruh Model Discovery Learning Terintegrasi Tahfizh Al Qur’an Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Authors

  • Budiman Budiman Universitas Hamzanwadi
  • Hartini Haritani Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Khairul Wazni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.23933

Keywords:

Discovery Learning, Motivasi dan Hasil Belajar, Tahfizh Al Qur’an

Abstract

Manusia dengan segala kodratnya terlahir membawa fitrah, yang mana fitrah tersebut membedakan manusia dengan mahluk lainnya. Fitrah tersebut merupakan faktor kemampuan dasar perkembangan manusia yang dibawa sejak lahir sebagai potensi untuk berkembang. Dalam perkembangannya manusia harus dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya, dan salah satu yang merupakan bagian dari kebutuhan hidup manusia adalah pendidikan. Pendidikan menurut UU No. 20 tahun 2003 dikatakan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan menjadi sebuah media yang menyediakan sarana dan prasarana dalam serangkaian kegiatan untuk menjadikan manusia berbudi dan berdaya melalui sebuah proses belajar.

References

Ahmadin, dkk. (2017). ”Pengaruh Peran Orang Tua, Guru, Motivasi Belajar, Metode, Sarana dan Prasarana Terhadap Prestasi Hafalan Al Qur’an Siswa. PPs. STIE Amkop Makasar.

Al Qur’an dan Terjemahaannya, (2017). Al Qur’an Hafalan Menghafal Lebih Mudah Metode 5 Jam Hafal 1 Halaman. Cordoba : Bandung.

Anita, Rahmadani Ade. dkk (2021). “Pengaruh Program Tahfizh Terhadap Motivasi Belajar. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/636 (diakses pada tanggal 30 Juni 2021).

Apriyani, Dian Prisca. 2019. “Kegiatan Hafalan Al-Quran Juz 30 Pada Siswa Di MI Muhammadiyah Pucangan Kartasura.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Depdiknas RI, Undang-undang pendidikan repubelik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Repubelik Indonesia, 2003.

Dimyati, Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dosen Pasca, dkk. (2022). “Petunjuk Teknis Penyusunan Tesis”. Universitas Hamzanwadi Pancor Lombok Timur.

Fatoni, A. (2018). Sejarah & Perkembangan Pengajaran Tahfiizd Al Qur’an di Indonesia. http://www.baq.or.id/2018/02/sejarah-perkembangan-pengajaran-tahfidz.html (diakses pada tanggal 18 Februari 2018).

Firman, R. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Tahfizhul Qur’an dan Minat Menghafal Al Qur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Tesis, Universitas Islam Negeri Intan Lampung.

Muhibbin, S. (2001). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Rosda Karya.

Munawaroh, dkk. (2017). Metodologi Qiro’ati. https://shofiamunawaroh.blogspot.com/2017/05/metodologi-qiroati.html

(diakses pada tanggal 04 Mei 2017).

Nurhayati, Linda Siti. dkk. (2020). “Pengaruh Hafalan Al Qur’an Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, http://fusion.rifainstitute.com/index.php/fusion/article/view/35 (diakses pada tanggal 27 Juli 2021).

Pasaribu, Rismawati. (2018). ”Pengaruh Hafalan Al Qur’an Terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Belajar”. http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/66 (diakses tanggal 06 Februari 2019).

Purwanto, M. Ngalim. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Qonita, Lillah. “Pengaruh Hafalan Al Qur’an Terhadap Aspek Psikologis dan Motivasi Belajar Hafizd Hafizdah Al qur’an”. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8520 (diakses pada tanggal 2 Maret 2022).

Rahmayanti, Fitria (2013). Hubungan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Tesis, Universitas Negeri Jakarta.

Retno, Primantiko. Dkk. (2021). “Pengaruh Model Discovery Learning Tehadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar”. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/1134 (diakses pada tanggal 17 Juli 2021).

Rizka, H.P. dkk. (2017). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso”. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/5017 (diakses pada tanggal 01 Juni 2017).

Sanjaya, Wina. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta : Kencana.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Stiyamulyani, dkk. (2018). “Pengaruh Menghafal Al Qur’an Terhadap High Order Thinking Skils (HOT) Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Mahasiswa”, Universitas Sains Al Qur’an Wonosoba Jawa Tengah.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Belajar

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Syahrudin, dkk. (2021). “Pengaruh Menghafal Al Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa” http://repository.iainambon.ac.id/1244/ (diakses pada tanggal 20 April 2021).

Tu’u, Tulus. (2014). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Uno, H. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT. Bumi Aksara.

Yesi, Puspitasari. Dkk. (2019). “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa”. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/20 (diakses pada tanggal 24 Juli 2019).

Yusuf, Syamsu. (2019). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung ; Rizqi Pres

Zulkarnaen, dkk. (2020). “Pengaruh Program Tahfizh Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Santri/Yah Pondok Pesantren KH. Ahmad Dahlan”, https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/654 (diakses pada tanggal 29 Juni 2020).

Published

2023-12-10

How to Cite

Budiman, B., Haritani, H., & Wazni, M. K. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terintegrasi Tahfizh Al Qur’an Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Educatio, 18(2), 223–232. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.23933